Logo Harian.news

Melalui “GAK”, Aparatur Desa di Moncongloe Ramai-Ramai Kuliah STIA Abdul Haris

Editor : Redaksi Senin, 19 September 2022 09:19
Melalui “GAK”, Aparatur Desa di Moncongloe Ramai-Ramai Kuliah STIA Abdul Haris

MAKASSAR, HARIANEWS.COM – Penerimaan mahasiswa baru Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Abdul Haris Makassar tahun 2022-2023 telah dibuka sejak Agustus 2022 lalu.

Melalui Yayasan Amanat Abdul Haris, memberikan kesempatan berkuliah dengan beasiswa rupanya menjadi magnet bagi calon mahasiswa baru melanjutkan kuliah di Abdul Haris, yang terletak di Jl Tanggul Patompo, Makassar.

Seperti di Maros, melalui Gerakan Ayo Kuliah (GAK) yang diinisiasi Koordinator PKH Kab. Maros Muh. Agus Bj bekerja sama Camat Moncongloe Herwan P, mendaftarkan aparaturnya melajutkan pendidikan ke perguruan tinggi (PT).

Baca Juga : STIA Abdul Haris Gelar Kuliah Umum Semester Ganji 2023-2024, Dokter Nilal: Awal Menuju Terbaik

Sebanyak 27 orang perangkat desa dari 5 desa di Kecamatan Moncongloe kuliah dengan beasiswa di STIA Abdul Haris, Makassar.

“Kami menyambut baik dan langsung mengajak perangkat desa. Mulai dari sekdes, kepala dusun, kaur dan staf desa di 5 desa di Kecamatan Moncongloe untuk kuliah,” kata Camat Moncongloe, Herwan P.

Selanjutnya Herwan mengemukakan bahwa kini, sebanyak 27 orang telah terdaftar untuk mengikuti perkuliahan dengan beasiswa.

Baca Juga : Kadis PMD Gowa dan Pejabat Eselon Bungkam Soal Keberangkatan Aparatur Desa

Lebih lanjut Herwan P mengatakan bahwa dengan adanya gerakan Ayo Kuliah bekerja sama dengan STIA Abdul Haris, Makassar dan Camat Moncongloe

Upaya ini dikatakan Herwan sebagai bagian dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Maros.

“Kami berusaha mendukung Program Bapak Bupati A.S.Chaidir Syam, S.IP., MH., & Wakil Bupati Maros Hj. Suhartina Bohari, SE untuk mewujudkan Visi Misi Pemerintah Kabupaten Maros yaitu Maros Sejahtera, Religius dan Berdaya Saing,” ujar Herwan.

Baca Juga : Kunjungan 121 Aparatur Desa Kabupaten Gowa ke Bali Dikritik oleh LI-BAPAN-RI

Kemudian Herwan melanjutkan bahwa ini juga sinkron dengan program Gerakan Ayo Kuliah dengan memberikan kesempatan kuliah bagi perangkat desa di Kecamatan Moncongloe.

Sementara Ketua STIA Abdul Haris, Ismail Suardi Wekke, Ph.D. mengemukakan bahwa bekerja sama dengan Camat Moncongloe dalam perkuliahan bagi perangkat desa merupakan bagian dalam meningkatkan kualitas SDM Perangkat Desa yang ada di wilayah kecamatan Moncongloe.

Ismail menuturkan bahwa dengan adanya program ini, pihak STIA Abdul Haris mengapresiasi Camat Moncongloe, Herwan P yang telah merespon dengan baik program untuk perkuliahan perangkat desa.

Baca Juga : PIKIR 2022: dari Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Pelatihan Dosen

27 orang perangkat desa di Kecamatan Moncongloe sudah mulai mengikuti perkuliahan sejak awal September.

“Ini menjadi awal yang baik, dimana kolaborasi perbagai pihak dapat memungkinkan untuk menjalankan program perkuliahan eksekutif,” tutur Ismail.

Ismail menegaskan bahwa bukan saja soal pada kesempatan kuliah, namun dengan adanya program seperti ini akan menjadi awal dalam inisiasi yang sama di kecamatan lain dalam skala Kabupaten Maros.

“Perkuliahan bagi perangkat desa ini, akan dikonsultasikan dengan pimpinan wilayah di kecamatan lain, sehingga dapat dilaksanakan dalam skala yang lebih luas,” pungkas Ismail Suardi Wekke.

Seperti diketahui, STIA Abdul Haris Makassar memiliki dua program studi, yakni Administrasi Negara dan Administrasi Niaga.

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda