Logo Harian.news

Merasa Ada yang Janggal, Salah Satu Calon Rektor Laporkan Proses Pilrek UNM ke Mendikbud

Editor : Rasdianah Jumat, 01 Maret 2024 21:44
Calon Rektor UNM, Prof Ichsan Ali. Foto: dok
Calon Rektor UNM, Prof Ichsan Ali. Foto: dok

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Kontestasi Pemilihan Rektor (Pilrek) Universitas Negeri Makassar (UNM) telah selesai, menghasilkan satu nama Prof Dr Hasmyati dengan latar jabatan Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) UNM.

Salah satu calon rektor Prof Ichsan Ali keberatan atas hasil penjaringan Calon Rektor UNM yang terjadi pada Selasa (27/2/2024) lalu ini. Prof Ichsan secara gamblang menyebut terjadi kecurangan pada pemilihan rektor tahap pertama tersebut.

“Saya merasa ini tidak sesuai dengan proses, jadi saya terbang ke Jakarta membawa gugatan ini ke Kemendikbudristek,” ujarnya kepada awak media, Jumat (1/3/2024).

Baca Juga : Wacana Perubahan Seragam Sekolah, Danny Minta Kemendibudristek Turun Terlebih Dahulu ke Masyarakat

Terkait hal ini, Prof Ichsan memang tak main-main, Ia melayangkan protes ke Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Prof Ichsan menduga ada kejanggalan dalam proses Penyaringan Calon Rektor UNM. Terkhusus pada suara jajaran wakil rektor yang tertinggal jauh.

Selain masalah gap suara, Prof Ichsan melihat peran dewan pengawas cukup minim.

Baca Juga : Kemendikbudristek Tegaskan tak ada Perubahan Seragam Sekolah Usai Libur Lebaran

“Selama ini, rasanya tidak pernah dewan pengawas diundang. Kecuali saat visi misi,” lanjutnya.

Wakil Rektor IV ini mengaku sudah mengumpulkan bukti-bukti kejanggalan di Pilrek UNM. Dirinya bersama tim pun telah rampung menyusun laporan terkait hal tersebut.

“Kami punya bukti ya, jadi kita punya bukti ya,” tegasnya.

Baca Juga : Pendaftaran PPG 2024 Resmi Dibuka, Cek di Sini Jadwal Lengkapnya!

Kendati merasa ada yang jomblang dalam Pilrek UNM, dirinya tetap menyerahkan semua keputusan kepada Kemendikbudristek.

Sebagai informasi, dalam proses pemilihan Pilrek UNM, Tim Pilrek UNM, menerima 5 berkas bakal calon periode 2024-2028. Kelima pendaftar itu didominasi oleh Wakil Rektor (WR) yang saat ini menjabat.

Putaran pertama telah menghasilkan 3 calon. Ketiga calon kemudian bersaing memperebutkan suara senat dan 35% suara dari Kemendikbudristek.

Baca Juga : Pemilihan Calon Rektor UNM Jilid II Unggulkan Prof Hasmyati

Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) UNM, Prof Dr Hasmyati unggul dengan mengumpulkan 51 suara dari 64 anggota senat.

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943
Penulis : NURSINTA

Follow Social Media Kami

KomentarAnda