Logo Harian.news

Meski Diakui SYL, Kuasa Hukum Firli Bantah Kliennya Terima Uang Rp 1,3 Miliar

Editor : Rasdianah Selasa, 25 Juni 2024 15:04
Meski Diakui SYL, Kuasa Hukum Firli Bantah Kliennya Terima Uang Rp 1,3 Miliar

HARIAN.NEWS, JAKARTA – Mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) akui ada penyerahan uang sebanyak dua kali kepada ketua non-aktif Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri. Total uang yang diberikan mencapai Rp1,3 Miliar.

Namun hal ini dibantah oleh Kuasa hukum ketua nonaktif KPK Firli Bahuri, Ian Iskandar.

“Ini tuduhan-tuduhan ini fitnah,” kata Ian, dikutip dari liputan6, Selasa (25/6/2024).

Baca Juga : Gelar Rakor, KPK Bakal Perkuat Peran APIP di Sulsel

Ian menyebut keterangan Kasdi sendirian sempat dibantahnya pada saat persidangan.

Pun begitu juga keterangan dari ajudan SYL, Panji Harjanto yang disebut menyerahkan uang ke ajudan Firli, Kevin terbantahkan ketika keterangan mereka dikonfrontir pada saat pemeriksaan di Bareskrim Mabes Polri.

“Sudah diklarifikasi pada saat pemeriksaan di Bareskrim. Ya kalau penyerahan uang itu pasti ada saksi dong, tidak ada saksi, kemudian di elaborasi di dalami. Orang Kevin sakit dibilang nerima duit kan aneh, memang ada yang nyerupai Kevin, kan enggak mungkin,” jelas dia.

Baca Juga : Luncurkan Aplikasi APIP TA’, Danny Pomanto: Optimalisasi Pengawasan Internal dan Pencegahan Korupsi

Menurutnya pernyataan SYL yang pernah menyerahkan uang ke Firli hanya mengada-ngada.

“Ini kan cerita lama serangkaian kebohongan yang diceritakan diulang-ulang lagi, alibi dia. Yang penting fokus aja deh pada pembelaan diri beliau terkait dengan perbuatan beliau sewaktu di Kementan. Jangan cari alibi dan kambing hitam, masyarakat ini tau siapa pak SYL, komplotannya, rampok uang Kementan sedemikian rupa, gitu aja,” tegas Ian.

Penyerahan uang ini terbongkar saat persidangan SYL. Mulanya, ketua Majelis Hakim, Rianto Adam Pontoh, bertanya soal sosok Irwan Anwar.

Baca Juga : 2 Kaki Tangan SYL Divonis 4 Tahun Penjara

Irwan Anwar merupakan Kapolrestabes Semarang yang sempat diperiksa oleh Polda Metro Jaya atas dugaan pemerasan yang dilakukan oleh Firli terhadap SYL.

Irwan sendiri memiliki hubungan keluarga dengan SYL setelah menikahi Andi Tenri Gusti Harnum Utari Natassa yang merupakan keponakan Syahrul.

“Apakah sepengetahuan saudara, Irwan Anwar yang menjadi penghubung saudara dengan saudara Firli Bahuri waktu itu, masih ingat saudara?” tanya Pontoj di ruang sidang PN Jakarta Pusat, Senin (24/6).

Baca Juga : Ketuk Palu! SYL Divonis 10 Tahun Penjara: Wajib Bayar Rp 14 M Plus 30.000 USD

“Saya yang mengklarifikasi apa betul pak Firli ini mau ketemu saya. Karena ini saya dan pernah bersama-sama atau katakanlah pernah menjadi (Irwan) di bahwa struktur pak Firli sewaktu dia jadi kapolda di NTB,” jelas SYL.

SYL kemudian mengakui, Irwan jadi sosok penghubung dirinya dengan Firli. Hingga akhirnya ada penyerahan uang.

“Dan ada penyerahan uang sdr bilang tadi ya. berapa kali penyerahannya?” tanya ketua Hakim

“Yang dari saya dua kali,” ucap SYL.

“Awalnya 500 (juta) sama 800 (juta) ya?” cecar hakim ketua.

“Ya kurang lebih seperti itu,” pungkas SYL.

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda