Logo Harian.news

Motivasi Anak Belajar Bahasa Inggris Cukup Tinggi

Editor : Redaksi Minggu, 31 Maret 2024 21:47
Ilustrasi Pramuka. Foto: dok
Ilustrasi Pramuka. Foto: dok

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Walau bahasa Indonesia sudah diakui UNESCO sebagai salah satu bahasa resmi Badan PBB untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan itu dalam forum-forum Internasional, tapi belajar dan menguasai bahasa asing, juga sangat dianjurkan.

Apalagi anak-anak sekarang sudah hidup di era globalisasi, di mana mereka terhubung dengan bangsa-bangsa lain di dunia.

Ini menjadi salah satu alasan, di SD Negeri Borong, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, diadakan pembelajaran bahasa Inggris. Guru bahasa Inggris, Risnawati Lukman, kelahiran Sinjai, 30 Oktober 1997, sejak Februari 2023, memberikan les kepada sejumlah siswa.

Baca Juga : Generasi Milenial Dominasi, PPPK Guru Diminta Mengajar Lebih Komunikatif

“Les bahasa Inggris ini memanfaatkan sela-sela waktu anak-anak. Setelah pulang sekolah dan sebelum mereka masuk, saya memberikan les di situ,” terang guru yang akrab disapa Miss Risna oleh murid-muridnya itu.

Guru bahasa Inggris, yang hobi membaca novel dan komik ini, mendapatkan gelar Sarjana Pendidikan dan Magister Pendidikan dari Universitas Negeri Makassar (UNM). Sebelum mengajar di SD Negeri Borong, pada tahun 2021, dia mengajar di salah satu Lembaga Bimbingan Belajar (Bimbel) di Kota Makassar.

Menurut Miss Risna, belajar bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional, punya banyak manfaat. Antara lain, dapat membantu anak-anak meningkatkan kemampuan berkomunikasi, lebih memudahkan anak mengakses informasi dari berbagai sumber, seperti internet, serta dapat membantu anak-anak memperluas wawasan dan pengetahuan tentang dunia.

Baca Juga : Catatan Harian: Selamat Hari Guru Nasional

“Saya tertarik menjadi guru karena termotivasi oleh guru lain yang pernah mengajar saya semasa sekolah,” jawab Miss Risna, Sabtu, 30 Maret 2024, ketika ditanya alasannya menjadi guru.

Selain itu, dia juga ingin berbagi ilmu yang telah didapatkan sebelumnya di bangku kuliah. Ilmu yang bermanfaat itu, dihayapkan akan jadi amal jariah baginya.

Setelah setahun lebih mengajar bahasa Inggris di SD Negeri Borong, menurutnya, secara umum, dia melihat anak-anak memiliki motivasi dan semangat yang tinggi dalam belajar bahasa Inggris. Walau diakui, ada juga tantangannya. Salah satu tantangan dalam mengajar bahasa Inggris, yakni masih banyak yang menganggap bahasa Inggris sebagai pelajaran yang sulit.

Baca Juga : Kepsek SMAN 2 Bantah Pemukulan Murid: Guru Hanya Melerai Perkelahian

Selama mengajar, Miss Risna menggunakan metode yang cukup bervariasi. Namun, salah satu metode yang dia gunakan, yaitu Audio-Lingual Method. Ini merupakan metode yang sering digunakan untuk mengajarkan bahasa asing. Metode ini menekankan pada pemahaman mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Dalam menerapkan metode tersebut dia menggunakan media visual seperti gambar atau foto.

Ada tips yang dibagikan Miss Risna kepada para orangtua agar anaknya tertarik dan cepat bisa memahami bahasa Inggris. Pertama, memberikan dukungan dan motivasi kepada anak-anak untuk belajar. Kedua, membantu menyediakan sumber belajar bahasa Inggris di rumah seperti buku, kamus dan poster.

Dia berharap pada anak-anak agar mereka termotivasi belajar bahasa Inggris. Anak-anak bisa mendapatkan pemahaman tentang pentingnya belajar bahasa Inggris. Tentunya peran guru dan orangtua dalam memberikan pemahaman tersebut juga sangat dibutuhkan.

Baca Juga : Ratusan Guru Ikuti Pandu Digital Go To School: Cermat Bermedia Sosial

“Orangtua perlu kasi dukungan ke anak-anaknya d rumah dan membantu memberikan pemahaman buat mereka tentang manfaat belajar bahasa Inggris,” imbuhnya. (*)

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda