Logo Harian.news

Mudik dengan Kendaraan Pribadi? Pastikan 8 Hal ini sebelum Berangkat

Editor : Rasdianah Senin, 08 April 2024 14:36
Ilustrasi. Foto: istock
Ilustrasi. Foto: istock

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Libur lebaran kerap diwarnai dengan fenomena mudik, begitu juga dengan libur lebaran idulfitri tahun 2024.

Untuk sobat harian.news, sebaiknya tidak mudik sebelum mengecek dan mempersiapkan kendaraan pribadi dengan perjalanan panjang dan lama.

Dinas perhubungan (Dishub) Kota Makassar membagi 8 komponen yang perlu di perhatikan sebelum melakukan mudik ke kampung halaman bertemu sanak-saudara.

Baca Juga : Sidak Pasca Libur Lebaran, Tingkat Kehadiran ASN Pangkep Capai 98 Persen

Yuk intip 8 komponen mobil yang wajib diperiksa sebelum mudik:

1. Ban Mobil

Ban merupakan komponen mobil yang bersinggungan langsung dengan jalan sehingga wajib diperhatikan kondisinya. Pastikan ban dalam kondisi siap pakai, seperti telapak ban belum aus, dinding ban tidak sobek atau benjol, dan tekanan angin terjaga.

Baca Juga : Meski Suasana Lebaran, Ketum ProJo Sebut Pertemuan Jokowi dan Megawati Sulit Terjadi

2. Oli Mobil

Periksa kondisi semua oli pada mobil, mulai dari oli mesin, oli transmisi hingga oli gardan. Oli merupakan cairan yang sangat dibutuhkan sebagai pelumas antar komponen bergerak pada mesin dan sistem penggerak lainnya.

3. Filter Mobil

Baca Juga : Penggunaan SPKLU di Sulselrabar Naik Tiga Kali Lipat Selama Periode Mudik Lebaran

Periksa kondisi saringan atau filter pada mobil, seperti filter oli, filter udara, filter bensin, termasuk filter kabin atau filter AC yang sering terlupakan. Peran filter tidak bisa dianggap sepele karena berfungsi sebagai penyaring kotoran yang mengganggu.

4. Shock Absorber Mobil

Kemudian jangan lupa juga untuk mengecek komponen peredam guncangan atau shock absorber. Saat perjalanan mudik, sector ini cukup punya peran penting menjaga kenyamanan penghuni kabin.

Baca Juga : Arus Balik, Pelindo Regional 4 Catat 5 Pelabuhan Terpadat di KTI: Makassar Tertinggi Pertama

5. Rem Mobil

Dengan beban tugas saat mudik Lebaran yang tidak ringan, Kamu harus memeriksa kondisi sistem pengereman mobil. Mulai dari mengecek minyak rem dan segera ditambah kalau berkurang. Termasuk, tidak ada kotoran seperti endapan lumpur yang dapat menurunkan performa rem.

6. Lampu-lampu Mobil

Kamu tentu tidak mau saat jalan malam tetiba lampu mobil mati. Periksa kondisi lampu mobil, baik lampu utama, lampu kabut, lampu rem dan juga lampu riting (lampu sein), apakah masih bagus atau sudah mulai redup.

7. Aki Mobil

Aki mobil merupakan salah satu sumber utama kelistrikan mobil yang harus dijaga, pun ada risiko masalah seperti korsleting listrik kalau sampai abai dirawat. Kamu tentu tidak ingin kehilangan daya listrik dalam perjalanan yang membuat mesin mobil tidak bisa dihidupkan.

8. Cairan Mobil

Air radiator berfungsi sebagai pendingin agar temperatur mesin stabil, terlebih saat perjalanan jauh. Pastikan air pada tangki air radiator tidak kurang dari batas maksimal dan tidak ada kebocoran di salurannya.

(NURSINTA)

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda