Logo Harian.news

Optimalkan BUMDes untuk Tingkatkan Ekonomi Warga, Pemkab Jeneponto Sepakati Kerja Sama dengan JICA

Editor : Rasdianah Kamis, 13 Juni 2024 11:46
PJ Bupati Jeneponto Junaedi Bakri saat menerima tamu JICA. Foto: dok humas Kominfo Jeneponto
PJ Bupati Jeneponto Junaedi Bakri saat menerima tamu JICA. Foto: dok humas Kominfo Jeneponto

HARIAN.NEWS, JENEPONTO – Pj Bupati Jeneponto Junaedi Bakri menerima kunjungan perwakilan Japan International Cooperation Agency (JICA), di ruang Bappeda Rabu (12/6/2024) kemarin.

Dalam pertemuan tersebut, Junaedi berharap, JICA dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Jeneponto.

”Langkah ini penting diambil untuk menjadikan BUMDes sebagai salah satu pilar utama pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Jeneponto,” ujar Junaedi, Rabu.

Baca Juga : Pemkab Jeneponto Gelar Rakor Pencegahan Penyakit KLB

Junaedi juga menekankan pentingnya peran BUMDes dalam memperkuat perekonomian lokal.

“BUMDes memiliki potensi besar untuk memberdayakan masyarakat desa dan meningkatkan kesejahteraan mereka. Dengan dukungan JICA, kami berharap BUMDes dapat berkembang lebih optimal dan menjadi motor penggerak ekonomi desa yang sejajar dengan koperasi dan UMKM,” kata Junaedi.

JICA sebagai lembaga yang berfokus pada pembangunan internasional, diharapkan dapat memberikan berbagai bentuk bantuan teknis dan finansial untuk meningkatkan kapasitas BUMDes di Jeneponto.

Baca Juga : Siapkan Pembangunan 3 Fasilitas Kesehatan, Pemkab Jeneponto Mulai Bahas Pra Desain

Dari hasil pertemuan tersebut JICA akan membantu peningkatan kapasitas SDM Pengelola BUMDes dan UMKM untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jeneponto.

Pertemuan tersebut berfokus pada FGD terkait desain pelatihan dan kurikulum yg akan dipakai dalam pelatihan agar betul2 busa bermanfaat bagi masyarakat

Kepala Bappeda Kab Jeneponto Alfian Affandi Syam berharap kerja sama tersebut bisa mencakup pelatihan manajemen, akses ke teknologi, dan bantuan dalam pemasaran produk-produk lokal.

Baca Juga : Dalam Dua Pekan, Pemkab Jeneponto Bakal Bangun BLK Alat Berat

“Selama ini, koperasi dan UMKM telah memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian Jeneponto. Namun, dengan pengembangan BUMDes yang lebih terstruktur dan profesional,” ujarnya.

Alfian Syam juga yakin bahwa ketiga pilar ekonomi ini dapat berkolaborasi untuk menciptakan sinergi yang kuat.

“Kolaborasi antara BUMDes, koperasi, dan UMKM akan menciptakan ekosistem ekonomi yang lebih inklusif dan berkelanjutan,” ujarnya.

Baca Juga : Bahas Strategi Peningkatan Ekonomi, PJ Bupati Jeneponto Usulkan Pembangunan Pasar Representatif

Perwakilan JICA yang hadir dalam pertemuan tersebut menyambut baik inisiatif ini dan menyatakan komitmen mereka untuk mendukung pengembangan BUMDes di Jeneponto. Mereka menilai bahwa penguatan ekonomi desa merupakan salah satu kunci untuk mencapai pembangunan berkelanjutan.

Rencana kerja sama ini diharapkan dapat segera terealisasi dalam beberapa bulan ke depan, dimulai dengan tahap asesmen kebutuhan dan potensi BUMDes di Jeneponto.

Tentang JICA

Japan International Cooperation Agency (JICA) adalah lembaga pemerintah Jepang yang bertujuan untuk mempromosikan kerjasama internasional dan pembangunan berkelanjutan melalui bantuan teknis dan finansial di berbagai negara.

Tentang BUMDes

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh desa melalui penyertaan langsung dari kekayaan desa yang dipisahkan guna mengelola aset, jasa pelayanan, dan usaha lainnya untuk kesejahteraan masyarakat desa.

Tentang Kabupaten Jeneponto

Kabupaten Jeneponto adalah salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Kabupaten ini memiliki potensi besar dalam sektor pertanian, perikanan, dan pariwisata yang terus dikembangkan untuk meningkatkan perekonomian daerah

(ASWIN)

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda