Logo Harian.news

Pakar Politik dan Kebangsaan Dr. Arqam di HUT 77 TNI: TNI Selalu Bersama Rakyat

Editor : Redaksi Kamis, 06 Oktober 2022 20:17
Pakar Politik & Kebangsaan Dr. Arqam Azikin (tengah).
Pakar Politik & Kebangsaan Dr. Arqam Azikin (tengah).

MAKASSAR, HARIANEWS.COM – Tentara Nasional Indonesia (TNI) adalah angkatan bersenjata tanah air yang memiliki tugas penting dalam melindungi kedaulatan dan keutuhan negara.

Terbentuknya TNI di Indonesia tidak lepas dari perjuangan bangsa Indonesia untuk mencapai kemerdekaan bangsa dari ancaman penjajah.

Sebutan untuk angkatan bersenjata ini pun tidak langsung diberi nama TNI. Organisasi ini melewati serangkaian proses yang panjang dan perubahan-perubahan, berawal dari pembentukan Badan Keamanan Rakyat (BKR).

Baca Juga : Kunker di Sulsel, KASAD Dudung Abdurrachman Jenguk Arqam Azikin di RS Pelamonia

Dalam amanat Panglima TNI Andika Perkasa yang dibacakan oleh Irup mengatakan bahwa berdasarkan hasil dari beberapa lembaga survei, TNI mendapat kepercayaan tertinggi dari masyarakat, diantaranya, hasil survei Lembaga Indikator Politik Indonesia (IPI) tanggal 24 Juni 2022.

“TNI mendapatkan kepercayaan tertinggi dari publik sebesar 93,2%. Sedangkan Hasil Survei tingkat kepercayaan masyarakat terhadap lembaga hukum versi Lembaga Survei Indonesia (LSI) tanggal 31 Agustus 2022, TNI mendapatkan tingkat kepercayaan masyarakat paling tinggi sebesar 93%,” demikian diungkapkan.

Demikian juga hasil Lembaga Survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) tanggal 27 September 2022 merilis hasil survei dukungan dan kepuasan Kinerja TNI terhadap Demokrasi, sebesar 93.5 %.

Baca Juga : Legislator Hingga Mantan Pangdam Jenguk Pengamat Politik Arqam yang Terbaring Sakit

Pangdam Hasanuddin Mayjen Totok dalam sambutanya di HUT TNI mengharapkan kekompakan sinergisitas seluruh stakeholder dan seluruh komponen yang ada di wilayah serta komponen masyarakat tetap terjalin.

“Saya ingin menunjukan bahwa TNI adalah kita, TNI adalah saudara kita. Kondisi wilayah apapun yang kita akan hadapi saya mengajak untuk bersama-sama, tentunya sesuai fungsi dan tugas kita masing-masing, yakin Insha Allah semua pasti selesai,” tutupnya.

Bertepatan dengan HUT TNI, berbagai elemen ikut memeberikan pesan harapan terhadap TNI. Tak terkecuali Pakar Politik & Kebangsaan Dr. Arqam Azikin yang pernah Fungsionaris Mahasiswa Unhas, memberikan ucapan dirgahayu TNI Ke 77 tahun sekaligus memberikan suport terhadap perkembangan TNI Hari ini.

Baca Juga : HUT ke 77 TNI, Pakar Militer: Kualitas Prajurit TNI Harus Ditingkatkan

Di ke 77 tahun Arqam Azikin berharap TNI semakin moderen baik dari personil maupun alutsista. Tak hanya, itu perananan TNI juga langsung dirasakan ditengah masyarakat.

Seperti andil selama merebaknya pandemi Covid-19. Tak lain, ini dilakukan guna membantu masyarakat dan pemerintah untuk mewujudkan pemulihan ekonomi yang lebih cepat.

“Serta, sebagai komponen utama pada sistem pertahanan negara, TNI selalu bersama rakyat dalam menjaga dan mengawal kedaulatan negara dari ancaman dalam negeri maupun penetrasi dari luar negara kita,” ujar Arqam, yang juga mantan Pengurus Pusat Forum Mahasiswa Pascasarjana Indonesia.

Baca Juga : Bertemu Sestama Lemhannas RI, Arqam Azikin Berikan Buku Strategi Baru Pertahanan Negara

HUT TNI jatuh pada 5 Oktober 2022 kemarin. Momen HUT ke 77 ini, Presiden Jokowi menjadi inspektur upacara yang digelar di Istana Kepresidenan Jakarta. Dalam amanatnya, Jokowi meminta agar di usianya yang ke-77 TNI semakin bersinergi dengan Polri dalam menangani berbagai macam permasalahan bangsa.

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda