Logo Harian.news

Posisi Unsur Pimpinan Jadi Target

Pasca Pileg Gowa, Pengamat Nilai Pertarungan Sengit Justru Ada di Balik Panggung

Editor : Rasdianah Selasa, 26 Maret 2024 20:42
Kantor DPRD Gowa. Foto: ist
Kantor DPRD Gowa. Foto: ist

HARIAN.NEWS, GOWA – Pasca terpilihnya beberapa legislator Anggota Legislatif pada Pemilu 2024 baru-baru ini, tak lantas membuat pertarungan para politikus selesai. Setidaknya inilah yang terjadi di Kabupaten Gowa, Pemilihan Anggota Legislatif memang telah usai, namun posisi unsur pimpinan kini menjadi target beberapa pihak.

Sebagai mana diketahui Empat Partai di Gowa masing masing PPP memperoleh 12 kursi, Gerindra 8 Kursi, Nasdem dan PAN 6 Kursi. Dari hasil ini posisi Ketua DPRD Gowa yang hampir dipastikan kembali digenggam PPP. Namun hal ini memunculkan dua kubu yang dikabarkan kencang bertarung.

Pengamat Politik Gowa, Ikbar Taba, mengatakan hal ini menjadi pertarungan di belakang panggung di masing-masing fraksi.

Baca Juga : Puji Sosok DM, Makmur Mangung: Layak Jadi Pemimpin

“Misalnya di PPP sebagai partai pemenang di Gowa, posisi Ketua DPRD tentu menjadi pertarungan antarkader siapa yang akan naik menjadi ketua,” katanya, Selasa (26/32024)..

Pengamat yang mengenyam pendidikan Pasca Sarjana di LAN Makassar ini menyebutkan Fahmi Adam Sang jawara peraih terbanyak oleh beberapa kader mendukung dirinya menjadi Ketua DPRD Gowa.

“Selain sukses sebagai peraih suara terbanyak, beliau adalah Sekretaris DPC PPP Kabupaten Gowa, regulasi memberikan ruang untuk itu,” kata Ikbar.

Baca Juga : Hadiri Singapore Maritime Week, Fary Francis Dukung Efisiensi Ekosistem Logistik Nasional

Namun, selain Fahmi, lanjutnya, ada Wakil Ketua DPW PPP Gowa, Asrul Makkaraus.

“Asrul sudah dikenal punya pengalaman sebagai Anggota DPRD Gowa, poin lain yang memberikan ruang besar bagi sosok Asrul Makkaraus meraih Ketua DPRD karena dirinya adalah adik kandung dari Waketum DPP PPP, Amir Uskara,” ujarnya.

Satu Kader PPP Gowa, Dg Tompo, menambahkan, sesuai dengan kaidah akal sehat memang Fahmi Adam yang akan naik sebagai ketua.

Baca Juga : Masuki Musim Tanam, Dewan Minta Pj Gubernur Sulsel Jaga Kestabilan Gabah dan Jagung

“Namun, rival berat Fahmi Adam adalah Asrul Makkaraus, ini adalah pertarungan di balik panggung,” katanya.

Tak hanya PPP, pertarungan di internal juga terjadi di partai lain.

Gerindra sebagai pemenang kedua hasil Pileg di Gowa juga dipastikan mengamankan posisi Wakil Ketua DPRD Gowa.

Baca Juga : 10 Kader Terbaik Disiapkan NasDem Maju Pilgub Sulsel, RMS: Tidak Harus Saya!

Rivalitas antara Dian Purnamasari dan Hasrul Abdul Rajab memperebutkan rekomendasi DPP Gerindra untuk meraih posisi Wakil Ketua kini juga berlangsung di belakang panggung.

Dian Purnamasari dikenal sebagai incumbent dan punya pengalaman dan duduk sebagai unsur Wakil Ketua di DPC Gerindra Gowa, Dian Purnamasari sendiri dikenal sangat dekat dengan Andi Tenri Indah Ketua DPC Gerindra Gowa, sedangkan Hasrul Abdul Rajab (HAR) dikenal sebagai caleg dengan peraih suara terbanyak.

HAR sendiri selain masuk sebagai jajaran pengurus di DPC Gerindra Gowa, dirinya juga dikenal akrab dengan Sudirman Sulaeman Mantan Gubernur Sulsel yang berteman baik dengan Darmawangsyah Muin. Pertarungan sengit kedua kader Gerindra ini berlangsung gencar di belakang panggung.

Di tubuh Nasdem Gowa juga terjadi, Hasmollah MB Kader dan Pengurus Nasdem Gowa dan juga merupakan incumbent kini kembali berhadapan dengan Rezkya Hijaz.

Posisi Rezkya Hijaz selain posisinya juga sebagai Incumbent juga dirinya sekarang dipercaya oleh DPP Nasdem duduk sebagai Wakil Ketua DPRD Gowa.

“Posisi Rezkya Hijaz santer didengar rawan, Hasmollah kini intens bergerilya ke Jakarta lewat kubu Syahruddin Arif Sekretaris DPW NasDem Sulsel, ” ujar Ikbar lagi.

Selain PPP, Gerindra dan NasDem, pertarungan di balik panggung memperebutkan posisi Wakil Ketua DPRD Gowa juga terjadi di tubuh DPD PAN Gowa.

Dari Enam kursi yang diraih DPD PAN di DPRD Gowa, sebanyak 4 Caleg terpilih kini dikabarkan intens mendekati DPW PAN.

“Taufik Surullah adalah Incumbent dan duduk sebagai Bendahara PAN Gowa, Kasim Sila dan Faizal Nyengka merupakan Wakil Ketua DPD PAN Gowa sedangkan Amir Sila adalah peraih suara terbanyak, semuanya memiliki kesempatan untuk mendapat rekomendasi DPP dan DPW,” ujar Pengurus DPD PAN Gowa, Mustakir Limpo.

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943
Penulis : YUSRIZAL

Follow Social Media Kami

KomentarAnda