Logo Harian.news

Pecahkan Rekor MURI, Pj Bupati Ajak Lestarikan Adat Budaya Daerah

Editor : Biro Rabu, 12 Juni 2024 13:00
Pecahkan Rekor MURI, Pj Bupati Ajak Lestarikan Adat Budaya Daerah

SINJAI-Seribu penari di Sinjai berkontribusi dalam pemecahan rekor di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) kategori Penari Tari Paduppa Terbanyak. Kegiatan ini melibatkan 24 ribu penari dari 24 kabupaten/kota secara.

Penari yang terlibat di Sinjai semuanya adalah pelajar. Mereka mengenakan pakaian adat Bugis Baju Bodo. Lokasi pelaksanaan acara ini dipusatkan di Alun-alun Sinjai, Jalan Tondong, Kelurahan Biringere, Kecamatan Sinjai Utara, Rabu (12/6/2024) pagi.

Kegiatan ini digagas oleh Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan bekerjasama Cabang Dinas Pendidikan di 24 Kabupaten/kota di Sulawesi Selatan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Kabupaten Sinjai, Tamzil Binawan menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh penari yang berasal dari pelajar SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA yang telah berpartisipasi.

Even spektakuler ini disaksikan langsung Penjabat Bupati Sinjai T.R. Fahsul Falah, Sekda Sinjai Andi Jefrianto Asapa, unsur Forkopimda, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD dan para Kepala Sekolah SMP dan SMA/sederajat.

Pj. Bupati Sinjai mengaku bangga dan memberi apresiasi yang tinggi kepada para pelajar yang sukses dalam menampilkan Tari Paduppa meski kondisi cuaca yang kurang bersahabat.

Menurutnya, kegiatan ini sangat penting dalam melestarikan budaya hebat yang dimiliki oleh Sulsel serta dapat mengedukasi generasi muda agar lebih mengenal budaya daerah khususnya tari paduppa dan pakaian adat baju bodo.

Pj Bupati menilai, event Sulsel menari ini menjadi momentum yang tepat untuk mengajak masyarakat terutama yang ada di Kabupaten Sinjai untuk menjaga adat.

“Ayo kita jaga dan lestarikan tari-tarian daerah utamanya tarian paduppa ini, untuk meningkatkan nilai-nilai kedaerahan kita,” ungkapnya.(BGS)

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda