Logo Harian.news

Pelaku Curanmor Beroperasi ‘Bebas’ di UIN Samata Gowa, Begini Respons Pihak Kampus

Editor : Rasdianah Senin, 03 Juni 2024 23:18
Kepala Bagian (Kabag) Umum, Salman Ahmad saat ditemui harian.news di ruangannya. Foto: HN/Gita
Kepala Bagian (Kabag) Umum, Salman Ahmad saat ditemui harian.news di ruangannya. Foto: HN/Gita

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Banyaknya kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor) yang terjadi di kampus Univesitas Islam Negeri (UIN) Samata Gowa, tak menampik kenyataan bahwa pelaku curanmor beroperasi bebas di salah satu kampus ternama ini.

Merespons hal ini. Kepala Bagian (Kabag) Umum UIN Alauddin Makassar atau UIN Alauddin Samata Gowa, Salman Ahmad mengatakan fakta ini akan akan dikembalikan ke pihak kepolisian.

“Untuk penangannya sendiri, pihak kampus tak bisa apa-apa. Tapi dengan adanya kejadian, setidaknya kami bisa evaluasi dan mencegah terjadinya hal yang sama dikemudian hari,” kata Salman kepada harian.news, Jumat (31/5/2024) akhir pekan ini.

Baca Juga : Pelepasan Petugas Haji, Pria asal Makassar Berbagi Pengalaman Ditunjuk sebagai PPIH 2024

Saat dikonfirmasi soal fasilitas pendukung kemanan kampus terutama mencegah pencurian motor, Salman menyampaikan rentetan alat canggih dan security penjaga.

“Di sini kami punya banyak CCTV hampir di semua fakultas ada. Bukan cuma itu, ada juga security yang menjaga. Masing-masing satu di setiap fakultas,” jelasnya.

Nah, kalau untuk pengecekan kendaraan sendiri, Salman mengaku jika belum diterapkan maksimal di UIN.

Baca Juga : Curanmor kembali Beraksi di Gowa, Kapolsek Janji Usut Tuntas

“Dulu memang pernah ada. Tapi tidak efekstif. Bayangkan kalau setiap keluar harus cek kendaraan. Pasti macet karena mahasiswa yang berkendara di kampus ini ada ribuan,” terangnya.

Untuk ke depannya, kata Salman, pihak kampus masih menyusun pola agar penjagaan kendaraan mahasiswa agar bisa maksimal. Agar pencurian motor tidak terjadi lagi di dalam kampus.

“Semua masih digodok. Karena harus disinkronkan dengan banyaknya mahasiswa. Supaya semua juga efektif,” pungkasnya.

Baca Juga : UIN Sasaran Empuk Curanmor, Security Sebut Sudah Sering Usulkan Adanya Pengecekan Kendaraan

Sebagai informasi Belum lama ini, mahasiswi UIN Alauddin Samata Gowa, Siti Rabiyatul Adawiyah (21), menjadi korban pencurian kendaraan bermotor (curanmor) pada Jumat (24/5/2024) lalu, tepatya di area parkir Rusunawa UIN Samata Gowa.

Bahkan, Sejak 2024, kasus curanmor di kampus Islam ini sudah tiga kali terjadi, satu di antara tiga korban adalah dosen yang memarkir kendaraan di area parkir Fakultas Kesehatan Masyarakat.

(GITA OKTAVIOLA)

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda