Logo Harian.news

Pelindo Regional 4 Antisipasi Lonjakan Arus Penumpang Saat Mudik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah

Editor : Gita Kamis, 28 Maret 2024 08:00
Executive Director 4 Pelindo Regional 4, Abdul Azis saat menyampaikan prediksi lonjakan arus mudik lebaran di kantor Pelindo Regional 4. (Foto: Humas Pelindo)
Executive Director 4 Pelindo Regional 4, Abdul Azis saat menyampaikan prediksi lonjakan arus mudik lebaran di kantor Pelindo Regional 4. (Foto: Humas Pelindo)

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 melakukan antisipasi lonjakan arus penumpang mudik lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah (H) sudah terjadi sejak H-4 dan puncak arus balik diperkirakan pada H+10 hari raya.

“Kami mempresiksi puncak lonjakan arus penumpang mudik di seluruh pelabuhan kelolaan Pelindo di Regional 4. Untuk itu kami melakukan berbagai langkah dan upaya untuk mengantisipasi lonjakan arus penumpang misalnya kita telah melakukan peningkatan fasilitas di Pelabuhan Makassar,” ucap Executive Director 4 Pelindo Regional 4, Abdul Azis saat menggelar jumpa pers di Kantor Pelindo Regional 4 Makassar, Rabu (28/03/2024).

Tak hanya itu lanjutnya, pihak Pelindo Regional 4 juga telah membuat Ruang Tunggu Sementara (RTS) di Pelabuhan Balikpapan dan Pelabuhan Ambon, serta melaksanakan transformasi terminal penumpang di Pelabuhan Samarinda, Ambon, dan Pelabuhan Nunukan.

Baca Juga : Pelindo Jasa Maritim Sandarkan MS Coral Geographer di Pelabuhan Makassar

Selain itu lanjut Azis juga menuturkan, pihaknya juga melakukan peningkatan pola operasi, digitalisasi, dan pemenuhan fasiltas lainnya seperti penambahan kursi, AC, serta perbaikan toilet di ruang tunggu penumpang. Juga meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) agar pelayanan yang diberikan menjadi lebih optimal dan maksimal.

Abdul Azis menyebutkan, adapun prediksi peningkatan jumlah penumpang di momen mudik Lebaran tahun ini yaitu sebanyak 785.880 orang, dari sebanyak 741.396 orang penumpang yang naik dan turun di semua pelabuhan kelolaan Pelindo di Regional 4 pada momen mudik Idul Fitri tahun lalu.

Lima pelabuhan dengan catatan jumlah arus penumpang terbanyak di momen mudik Lebaran tahun lalu yakni Pelabuhan Makassar dengan 107.875 penumpang, Pelabuhan Parepare 85.733 penumpang, lalu Pelabuhan Balikpapan 82.358 penumpang, kemudian Pelabuhan Ambon sebanyak 79.596 penumpang dan Pelabuhan Ternate 66.470 penumpang.

Baca Juga : SPJM Siap Sukseskan Arus Mudik-Balik Lebaran: Optimalkan Layanan Marine, Peralatan dan Utilitas

Pihaknya memprediksi tahun ini kondisi yang sama juga akan terulang di lima pelabuhan tersebut, mengingat selama beberapa tahun terakhir Pelabuhan Makassar, Parepare, Balikpapan, Ambon, dan Pelabuhan Ternate kerap tercatat sebagai lima besar pelabuhan dengan jumlah penumpang mudik terbanyak di Regional 4.

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda