Logo Harian.news

Pelonggaran Pasca Covid, Penumpang di Pelindo 4 Langsung Naik 2 Juta Lebih

Editor : Gita Selasa, 16 Agustus 2022 11:11
Regional Head 4 Pelindo, Enriany Muis (tengah), General Manager Pelindo Regional 4 Makassar, Suhadi Hamid (kiri) dan Terminal Head Petikemas Makassar, Dameanto Marilitua Pangaribuan (kanan).
Regional Head 4 Pelindo, Enriany Muis (tengah), General Manager Pelindo Regional 4 Makassar, Suhadi Hamid (kiri) dan Terminal Head Petikemas Makassar, Dameanto Marilitua Pangaribuan (kanan).

MAKASSAR, HARIANEWS.COM – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Regional 4 mencatat kinerja yang positif di Semester I 2022, ditopang oleh jumlah arus penumpang kapal yang meningkat cukup signifikan hingga mencapai 145,54% Year on Year (YoY).

Regional Head 4 Pelindo Enriany Muis mengatakan, secara total jumlah arus penumpang yang naik dan turun dari semua pelabuhan kelolaan di Regional 4 mencapai 2.638.507 orang.

“Peningkatan itu bahkan lebih tinggi dari Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) yang ditarget sebesar 130,97% pada Semester I tahun ini,” kata Enriany.

Baca Juga : Pelindo Jasa Maritim Sandarkan MS Coral Geographer di Pelabuhan Makassar

Selain arus penumpang, dia menyebutkan bahwa hingga pada pertengahan tahun ini trafik arus kargo dan trafik arus kontainer di semua pelabuhan kelolaan Regional 4 persentase kinerjanya juga melebihi dari target RKAP yang ditetapkan.

Di mana arus kargo mencapai 146,01% atau 12.670.833 ton, dan arus kontainer atau peti kemas mencapai 100,39% atau sebanyak 717.319 TEUs (Twenty-Foot Equivalent Unit) YoY.

Enriany menyebutkan, sejauh ini arus penumpang memang masih menjadi primadona yang mendongkrak kinerja Pelindo Regional 4 khususnya di Semester I tahun ini.

Baca Juga : Pelindo Regional 4 Antisipasi Lonjakan Arus Penumpang Saat Mudik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah

“Sejak Pemerintah kembali mengizinkan masyarakat mengadakan mobilisasi menggunakan angkutan umum pasca Covid-19, khususnya bagi pengguna moda transportasi laut, penumpang kapal di Regional 4 meningkat cukup besar yakni dari total hanya 1.812.916 penumpang menjadi sebanyak 2.638.507 orang penumpang pada Semester I tahun ini,” terangnya.

Hingga saat ini ada 22 pelabuhan yang dikelola Regional 4 yang melayani penumpang kapal, yakni Pelabuhan Makassar, Parepare, Kendari, Manado, Balikpapan, Ambon, Ternate, Samarinda, Nunukan, Jayapura, Sorong, Tarakan, Bitung, Manokwari, Pantoloan, Fakfak, Biak, Gorontalo, Tolitoli, Merauke, Tanjung Redeb dan Pelabuhan Bontang.

Adapun sepuluh pelabuhan penyumbang jumlah arus penumpang terbanyak di Regional 4 adalah Pelabuhan Parepare, menyusul Pelabuhan Makassar, kemudian Pelabuhan Kendari, Manado, Balikpapan, Ambon, Ternate, Samarinda, Nunukan, dan Jayapura.

Baca Juga : SPJM Siap Sukseskan Arus Mudik-Balik Lebaran: Optimalkan Layanan Marine, Peralatan dan Utilitas

Sepanjang Semester I tahun ini lanjut Enriany, Pelabuhan Parepare berhasil meraup pertumbuhan jumlah arus penumpang terbanyak, yaitu mencapai 333.917 orang atau meningkat sebesar 68,13% dibandingkan Semester I tahun lalu.

Dia berharap jumlah penumpang khususnya di Regional 4 akan terus meningkat, apalagi mendekati akhir tahun ini di mana pelabuhan-pelabuhan di wilayah Timur Indonesia kebanyakan melayani arus penumpang untuk mudik Natal dan Tahun Baru.

“Walaupun Natal dan Tahun Baru masih beberapa bulan lagi, tetapi biasanya antusias penumpang di wilayah timur sudah mulai kelihatan. Apalagi tahun ini adalah mudik perdana yang akan dilakukan masyarakat kita yang merayakan Natal, pasca Covid-19,” ujar Enriany.

Baca Juga : Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus DPC SPPI Bersatu PT Pelindo Jasa Maritim, Berikut Susunan Pengurusnya

Demi tertibnya arus penumpang di pelabuhan, pihaknya saat ini juga telah melakukan penertiban melalui penerapan E-Pass bagi pengantar dan penjemput serta kendaraan. Hal itu demi keamanan dan kenyamanan penumpang di pelabuhan, terutama yang arus penumpangnya cukup tinggi.

Terminal Head Petikemas Makassar, Dameanto Marilitua Pangaribuan menambahkan, tak hanya melampaui target RKAP, namun trafik peti kemas di Terminal Petikemas Makasasr (TPM) dan Makassar New Port (MNP) juga tercatat bertumbuh sebesar 101,69% pada Semester I 2022 dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

“Yakni dari 333.663 TEUs pada Semester I 2021, menjadi 339.305 TEUs di Semester I tahun ini,” sebut Dameanto.

Dia berharap hingga akhir tahun ini trafik peti kemas dari TPM dan MNP akan terus meningkat, seiring membaiknya perekonomian masyarakat ditambah dengan kegiatan ekspor yang semakin gencar dilakukan para pelaku usaha khususnya di wilayah Sulsel.

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda