Logo Harian.news

Pengamat: Raihan Ariatama adalah Solusi untuk Sumatera Barat yang lebih Maju

Editor : Redaksi Minggu, 02 Juni 2024 11:46
Pengamat: Raihan Ariatama adalah Solusi untuk Sumatera Barat yang lebih Maju

HARIAN.NEWS, JAKARTA – Raihan Ariatama serius berselancar untuk mendapatkan Golden Ticket pada Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar 2024.

Bukti keseriusannya, ditunjukkan dengan mendaftar sebagai Bacagub melalui Partai Gerindra dan konsolidasi yang dilakukannya ke beberapa DPW partai politik yang ada Sumatera Barat.

*Lalu siapa Raihan Ariatama ?*

Baca Juga : Tren Melonjak, KPU: Hampir 50% Menganggap Money Politics Hal yang Wajar

Raihan Ariatama pemuda kelahiran Bukittinggi, Sumatera Barat pada 25 Desember 1992, Ketua Umum PB HMI (Himpunan Mahasiswa Islam) periode 2021-2023 ini, menyelesaikan S1nya di Fisipol Departemen Politik dan Pemerintahan UGM Yogyakarta (2016). Kemudian meneruskan S2 Magister Ekonomi Pembangunan (2019). Selain menjadi Aktivis di HMI, perjalanan karir organisasinya sudah dimulai pada saat berkuliah. Raihan aktif berkegiatan di organisasi pada tingkat fakultas dan universitas, organisasi pemuda (DPD KNPI Sleman, D.I.Y.) dan organisasi internasional (IIFSO).

*Khalid Akbar. Advokat dan Pakar Politik Hukum 2Indos, mengatakan;*

Menyoroti perkembangan pemberitaan media-media lokal Sumbar yang memunculkan Generasi Millenial pada pusaran bacagub Sumatera Barat, diantaranya; Yuliandre Darwis, Fadly Amran, Zigo Rolanda dan Raihan Ariatama sebagai pemimpin alternatif beberapa hari belakangan ini, itu patut diapresiasi. Karena jika pemuda-pemuda minang sudah dipercaya, diperbincangkan dan digaungkan untuk memimpin teritorial Provinsi, berarti telah terjadi _*’Progresivitas Berfikir Politik’*_ pada masyarakat minang di Sumatera Barat.

Baca Juga : ARM kembali Blusukan, Para Tokoh Tinggimoncong Pastikan akan Selalu Bersama Bismillah

Kata Khalid, langkah-langkah politik Raihan, jangan hanya menjadi Safari Politik yang kosong isi dan pertunjukan seminar dialektika yang kosong makna. Raihan Ariatama sebagai insan cita yang mengemban misi keumatan dan kebangsaan harus membuktikan kepada para stakeholder penting yang akan mempengaruhi elektabilitasnya pada Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur 2024 bahwa dirinya;

*”Lillahi Ta’ala untuk Sumatera Barat”*

Raihan sebagai Millenial yang pernah berada di panggung aktivis nasional harus paham bahwa Sumatera Barat adalah Provinsi yang menggenggam agama Islam dan mengokohkan adat dalam menjalankan kehidupan sehari-seharinya.

Baca Juga : Meski tak Punya Kursi, Danny Ingin Partai Kaesang Jadi Pendukungnya di Pilgub

Raihan harus mampu menawarkan, meyakinkan dan memberikan solusi kepada masyarakat dengan program-program yang dapat melindungi, mengokohkan dan mamajukan “Adaik basandi Syarak” bukan malah membenturkan antara keduanya, di tengah keharmonisan yang sudah lama menjadi kearifan lokal masyarakat Sumatera Barat.

Selain kedua hal diatas, penting bagi Raihan untuk mampu mengakomodir kepentingan minoritas non muslim yang ada di seluruh kota/kabupaten yang ada di Sumatera Barat dan memberikan perhatian khusus terhadap Pembangunan masyarakat dan Infrastruktur di Kabupaten Mentawai.

Khalidpun, menyimpulkan bahwa:
Raihan ini, bukan tokoh muda yang disetting dan disokong oleh oligarki politik dan ekonomi dari papi maminya. Tetapi merupakan pemimpin muda yang muncul dari proses persalinan yang normal.

Baca Juga : Rawan Terjadi Kecurangan Pilkada, Bawaslu Beri Atensi 8 Kabupaten/Kota di Sulsel: Perketat Pengawasan

Selain dukungan elit partai politik di Sumbar. Raihan juga mesti didukung oleh Pakar straktak yang mumpuni agar mampu menarik hati para Millenial dan Gen Z sebagai pemilih mayoritas di Provinsi Sumatera Barat.

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda