Logo Harian.news

Permudah Pendataan Pengunjung, Dinas Perpustakaan Keluarkan Inovasi PINTAR

Editor : Rasdianah Jumat, 29 Maret 2024 10:46
Suasana di Perpustakaan Kota Makassar. Foto: dok
Suasana di Perpustakaan Kota Makassar. Foto: dok

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Dinas Perpustakaan Kota Makassar keluarkan inovasi baru yang diberi nama PINTAR untuk mempermudah pendataan pengunjung.

Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar, Andi Patiware Bau Djemma menjelaskan, inovasi PINTAR atau akronim Platform Informasi Perpustakaan Aktual dan Real Time, menyajikan data Perpustakaan binaan Dinas Perpustakaan Kota Makassar.

“Seperti data pengunjung, koleksi dan data umum perpustakaan,” ujar Andi Patiware nama karibnya, Kamis (28/3/2024) kemarin.

Baca Juga : Support Dinas Perpustakaan Makassar, Telkomsel Fasilitasi 3 Unit Mobil Perpustakaan Keliling dengan Wifi

Tujuan inovasi ini untuk menghimpun data perpustakaan di Kota Makassar secara real time sehingga data akurat dan mudah diperoleh, diolah serta disajikan untuk bahan perencanaan dan pengembangan perpustakaan.

“Inovasi ini dapat mengontrol aktivitas perpustakaan binaan juga menjadi data bersama,” jelasnya.

Setelah penerapan berjalan 2 bulan, terpantau mengalami peningkatan, pada Februari Perpustakaan Binaan SMP/ MTs mengalami peningkatan diangka 20.647 orang pengunjung atau naik 24% dibandingkan angka pengunjung di bulan Januari 2024 yang berada di angka 16.563 orang.

“Walaupun data belum semua masuk di link data bersama khususnya,” ujarnya.

Sedangkan untuk capain jumlah pengunjung untuk seluruh Perpustakaan Binaan Dinas Perpustakaan Kota Makassar di bulan Februari 2024 yakni diangka 49.498 orang atau naik 26% dari bulan Januari 2024 yang di angka 39,218 orang.

“Dengan inovasi ini, data mudah diperoleh, data terbuka dan bisa dipantau bersama. Salah satu dampak yang lain, data pengunjung meningkat dan kami memberikan apresiasi sekaligus motivasi berupa piagam penghargaan kepada perpustakaan yang mencapai pengunjung perpustakaan terbanyak mulai bulan Januari 2024,”

Pustakawan Dinas Perpustakaan Kota Makassar, Tulus Wulan Juni yang mengelola inovasi ini mengaku senang ada dampak yang mulai terlihat.

“Awalnya data perpustakaan itu tersaji terpisah-pisah sehingga kesulitan dalam mengolah data setiap tahun.”

Setelah dibuat satu data dalam link drive dan nantinya akan terus dikembangkan akhirnya pengolahan dan penyajian data lebih mudah karena seluruh data menjadi satu.

Saat ini sudah ada 5 unit data perpustakaan yang dimuat dalam sistem yakni Perpustakaan Umum sebanyak 111 unit yang terdiri dari Perpustakaan Umum Kota, Perpustakaan Umum Kecamatan,

“Kelurahan dan Kepulauan serta Komunitas. Selanjutnya Perpustakaan Keliling sebanyak 3 unit, Perpustakaan Khusus 3 unit, Perpustakaan Sekolah sebanyak 40 unit yang telah terakreditasi dari 445 data Perpustakaan SD dan SMP yang terinput dan data Perpustakaan Digital/ Online.” tandas Tulus. (TWJ)

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda