Logo Harian.news

Pesan Menpora Saat Kuliah Umum di FH Unhas

Editor : REDAKSI I Rabu, 24 Agustus 2022 08:33
Menpora RI, bawakan kuliah umum di FH Unhas, Selasa (23/8).
Menpora RI, bawakan kuliah umum di FH Unhas, Selasa (23/8).

MAKASSAR, HARIANEWS.COM – Fakultas Hukum (FH) Universitas Hasanuddin (Unhas) adakan kuliah umum bertajuk “Peran Mahasiswa sebagai Agen Perubahan Utamanya dalam Dunia Kepemudaan dan Olahraga” secara luring di Gedung Baruga Prof. Dr. H. Baharuddin Lopa, S.H, Selas (23/08/2022).

Hadir dalam acara tersebut Rektor Universitas Hasanuddin Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc. di dampingi oleh Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia, Alumni, dan Sistem Informasi Ibu Prof. Dr. Farida Patittingi, S.H., M.Hum. Serta Dekan Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin Prof. Dr. Hamzah Halim, S.H., M.H., M.A.P. beserta jajarannya.

Acara dibuka secara resmi oleh Prof. Jamaluddin Jompa. Dalam sambutannya, ia mengemukakan bahwa Unhas selalu mencetak atlet profesional khususnya Karate.

Baca Juga : Jaksa Agung Muda Pembinaan RI berikan Kuliah Umum di FH Unhas

“Unhas mempunyai mahasiswa yang beprestasi baik secara akademik maupun non akademik bidang olahraga. Khususnya pada ajang Karate, Unhas memiliki atlet yang mumpuni hingga mewakili Indonesia ke ajang olimpiade internasional”, ucapnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa Unhas akan selalu mendorong dan mendukung program kerja Pemerintah khususnya pada bidang olahraga dan kepemudaan.

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora R.I.) Prof. Dr. H. Zainuddin Amali, S.E., M.Si. selaku pemateri dalam kuliah umum tersebut, menyampaikan dalam materinya bahwa Kemenpora Republik Indonesia memiliki program nasional dalam pembangunan sumber daya pemuda.

Baca Juga : STIA Abdul Haris Gelar Kuliah Umum Semester Ganji 2023-2024, Dokter Nilal: Awal Menuju Terbaik

“Perbaikan tata kelola kelembagaan, kompetensi ASN, penyederhanaan regulasi, penyesuaian birokrasi dan peningkatan kecepatan pelayanan publik, pelayanan pemuda menjadi kreatif, inovatif, madiri dan berdaya saing serta menumbuhkan semangat kewirausahaan, penguatan ideologi Pancasila dan karakter serta budaya bangsa di kalangan pemuda, pemassalan dan pemasyarakatan olahraga yang menimbulkan kegemaran untuk hidup lebih sehat dan bugar di kalangan masyarakat serta pembinaan usia dini dan peningkatan prestasi atlet yang terencana dan berkesinambungan adalah program prioritas Kemenpora tahun 2020-2024”, paparnya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa program pemassalan dan pemasyarakatan olahraga dan program Pembinaan usia dini dibutuhkan karena merupakan kebutuhan negara, hal ini bersesuaian dengan salah satu ciri negara maju adalah olahraganya bagus.

Secara spesifik, Menpora Amali menginginkan tercapainya kondisi yakni 3.750 pelatih talenta muda (SKO dan PPLP) 200 pelatih SKO Disabilitas Solo) berkualifikasi Nasional dan Internasional. Serta 17.438 tenaga keolahragaan (1743 Sertifikat Internasional, 5.695 Nasional dan 10.000 Daerah).

Baca Juga : Hadiri Pelantikan Akbar Laluasa, Menpora Dito: Mas Wabup Lutim Itu Teman Berjuang Saya

Peserta yang hadir dalam kuliah umum ini berasal dari berbagai kalangan mulai dari mahasiswa hingga pegawai Kemenpora R.I. Jumlah peserta yang hadir kurang lebih 500 orang.

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081282111231

Follow Social Media Kami

KomentarAnda