Logo Harian.news

Pesimis Mattoanging Rampung, Dewan Opsi Barombong atau GOR: Lebih Realistis

Editor : Gita Minggu, 14 Agustus 2022 15:29
Anggota DPRD Sulsel, Demokrat, Selle Ks Dalle. Fb
Anggota DPRD Sulsel, Demokrat, Selle Ks Dalle. Fb

MAKASSAR, HARIANEWS.COM – Pasca dibongkar 2020 silam, Stadion Mattoanging Makassar yang biasa digunakan PSM Makassar sebagai home base, hingga kini belum dibangun.

Belum ada tanda-tanda pengerjaan untuk proyek tersebut. Anggota Komisi E DPRD Sulsel, Selle KS Dalle, mengaku pesimistis stadion tersebut bisa dibangun tahun ini. Bahkan bisa jadi tahun depan proyek tersebut juga sulit direalisasikan.

“Kalau 2023, akan dibicarakan. Makanya kami di DPRD berpandangan bahwa sekarang ini pesimistis sekali. Untuk alokasi saja belum bisa selesai. Masuk 2023 tahun terakhir pemerintahan periode sekarang,” kata Selle, Jumat 12 Agustus 2022.

Baca Juga : Cegah Kanker Serviks Melalui Vaksin HPV Sejak Dini

Proyek Stadion Mattoanging telah dua kali gagal tender tahun ini. Sempat ada wacana tender ketiga, namun hingga kini tak kunjung ada kepastian.

Menurut Selle, tender ketiga pun rasanya sudah tidak memungkinkan. Sebab pembahasan APBD Perubahan segera dimulai, sehingga akan sangat berisiko jika proyek stadion itu baru dilelang.

“Kalau sekarang baru mau dilelang masuk APBD Perubahan, ada nggak kontraktor yang berani ambil risiko. Dia bakal didenda. Akhir tahun tidak selesai kan bakal didenda,” ucap Selle.

Baca Juga : Baru Kantongi Rekomendasi Hanura, Danny Intens Jajaki Banyak Partai Pekan ini

Selle mengaku kecewa kepada Pemprov Sulsel yang tidak fokus memanfaatkan anggaran APBD. Akibatnya, belum ada serapan anggaran untuk Stadion Mattoanging karena pengerjaan belum dilaksanakan.

Seharusnya, kata Selle, Stadion Mattoanging memang dibangun di awal tahun sesuai rencana. Sebab proyek tersebut merupakan konstruksi besar sehingga harus dipersiapkan lebih awal.

“Anggaran Rp 67 miliar seharusnya dipakai. Kan rugi tidak dipakai membangun (stadion) juga tidak dialokasikan untuk kebutuhan yang lain, yang mendesak. Padahal bisa digunakan untuk perbaikan jalan provinsi,” jelasnya.

Baca Juga : Pemain Lama Kembali ke Gelanggang, Rudal: Ingin Selesaikan Masalah ‘Sederhana’ Makassar

Untuk tahun 2023, DPRD memberikan opsi agar membangun GOR Sudiang atau Stadion Barombong. DPRD akan mendorong Pemprov mengkaji dari tiga opsi tersebut mana yang mudah, murah dan cepat dinikmati masyarakat.

DPRD berpandangan bahwa Stadion Mattoanging bukan lagi jadi opsi utama untuk menghadirkan fasilitas olahraga standar internasional. Menurut Selle, Pemprov harus memilih mana yang lebih realistis diantara ketiga opsi tersebut.

“Kita memberikan dorongan kepada Pemprov agar tahun 2023 kita lakukan kajian secara cepat, ambil keputusan yang mana diantara tiga ini, GOR Sudiang, Mattoanging, Barombong yang mudah diselesaikan di 2023 dan lebih cepat dinikmati oleh masyarakat,” ungkan legislator Demokrat. **

Baca Juga : 6 Bacakada Sulsel Berebut Dukungan PPP, Terbaru ada Adnan

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda