Logo Harian.news

Petugas KPPS di Bone dan Soppeng Didominasi Perempuan, KPU Sulsel: Partisipatif Meningkat

Editor : Rasdianah Selasa, 06 Februari 2024 18:44
Ketua KPU Provinsi Sulsel, Hasbullah saat ditemui di Plazgozz cafe, Makassar, Selasa (6/2/2024). Foto: harian.news/sinta
Ketua KPU Provinsi Sulsel, Hasbullah saat ditemui di Plazgozz cafe, Makassar, Selasa (6/2/2024). Foto: harian.news/sinta

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) Hasbullah, mengatakan jumlah petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) perempuan Kabupaten Bone dan Soppeng didominasi perempuan.

“Saya menemukan itu saat melakukan bimtek di dua Kecamatan itu banyak perempuan, ada juga beberapa yang berimbang tetapi yang paling banyak itu sekitar 90 persen perempuan berpartisipasi di KPPS Bone dan Soppeng,” ujar Hasbullah saat menjadi narasumber di Talkshow Pemilu, di cafe Plazgozz, kota Makassar, Selasa (6/2/2024).

Meski belum mebeberkan berapa jumlah perempuan yang terdaftar di KPPS secara keseluruhan, Hasbullah tetap menilai dominasi perempuan sebagai anggota KPPS menunjukkan partisipasi aktif yang semakin meningkat dalam proses politik.

Baca Juga : Mulai Rekapitulasi Tingkat Kota, KPU Sebut 10 Kecamatan Belum Setor Kotak Suara

“Hal ini luar biasa, karena keikutsertaan perempuan dalam ruang politik, selain itu DPT atau daftar pemilih tetap di dua kabupaten itu juga didominasi perempuan. Begitu pun dengan Sulsel secara keseluruhan, ujarnya.

“Perempuan yang kita selalu anggap bahwa perempuan itu punya relasi kuasa yang tidak menguntungkan di ruang domestik, mereka di rumah tangga mereka padahal kondisinya tidak,” lanjut Hasbullah.

Jumlah dominasi tersebut juga dapat dilihat dari pemilih di Sulsel pada daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024 terdiri dari 3.425.956 perempuan.

Baca Juga : Saat Roy Suryo Pamer Kelebihan Sirekap

Sedangkan jumlah pemilih laki-laki lebih sedikit, yaitu 3.244.626. Pemilih tersebar di 24 kabupaten/kota, 313 kecamatan, 3.059 desa/kelurahan, dan 26.357 tempat pemungutan suara (TPS).

“Pada DPT terdapat 21.414 pemilih baru, dan 88.376 perbaikan data pemilih. KPU Sulsel menetapkan sebanyak 37.658 pemilih tidak memenuhi syarat, dan terdapat 194.077 pemilih potensial non KTP-el,” jelasnya.

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943
Penulis : NURSINTA

Follow Social Media Kami

KomentarAnda