Logo Harian.news

PKM Dosen FT Unismuh, Mengedukasi Ibu-Ibu Meningkatkan Produksi ‘Home Made, Melalui Solar Cell

Editor : Redaksi Selasa, 27 September 2022 17:09
PKM Dosen FT Unismuh, Mengedukasi Ibu-Ibu Meningkatkan Produksi ‘Home Made, Melalui Solar Cell

Oleh: Suryani
Dosen FT Unismuh Makassar
Melaporkan dari Gowa

DOSEN Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Makassar, Suryani., ST., MT, beserta tim telah melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), dengan menggandeng ibu-ibu muda produktif yang tergabung dalam komunitas Srikandi Balang Labbua, kelurahan Romang Polong, Kabupaten Gowa, pada Sabtu, 24 September 2022.

Komunitas Srikandi Balang Labbua, terdiri dari ibu-ibu muda usia produktif. Sebelumnya telah membuat usaha kuliner rumahan (home made), namun karena terkendala proses produksi yang tidak kontinu sehingga mengalami stagnan.

Baca Juga : Meski Telah Putuskan Lebaran Hari Rabu, Unismuh Tetap Fasilitasi Pemantauan Hilal Kemenag di Ruang Observatorium

Kegiatan ini dirangkaikan dengan penyuluhan berwirausaha dan keterampilan entrepreneur, dan bincang bersama strategi dan proses pemasaran melalui media sosial secara meluas.

“Ibu-ibu komunitas Srikandi menyambut dan merespon sangat antuisas kegiatan ini sebagai wadah usaha mikro kecil menengah bagi mereka.” Dengan demikian usaha kuliner yang sempat berhenti sejenak, akan kembali berproses,” katanya.

Dengan adanya rancangan dan pemasangan solar cell pada rumah produksi, akan sedikit mengurangi kendala terhentinya produksi kuliner akibat daya terpasang pada rumah produksi tersebut terbatas dengan tingginya pemakaian alat – alat elektronik berdaya tinggi.

Baca Juga : Kabar Baik! Prodi PPKn Unismuh Raih Akreditasi Unggul dari LAMDIK

Suryani melanjutkan, dengan mengangkat tema “Rancang Bangun Solar Cell Untuk Meningkatkan Produktivitas Ibu-ibu Srikandi Balang Labbua, Kabupaten Gowa.”

Pada kegiatan pengabdian ini melibatkan tim dosen Teknik Telekomunikasi dan Informatika untuk melatih kemahiran mengoperasikan media sosial untuk menunjang pemasaran produk, dan selalu mengembangkan potensi kreativitas yang dimiliki, selain itu juga melibatkan mahasiswa Teknik Elektro sebagai rekognisi mata kuliah Pembangkit Tenaga Listrik, dengan harapan dapat menjadi bahan kajian atau tambahan referensi.

 

Baca Juga : Unismuh Buka Program Fast Track, Sarjana dan Magister Bisa Selesai 5 Tahun

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda