Logo Harian.news

Proses Coklit Makassar Telah 100 Persen, KPU: Perbaikan Data hingga 25 Juli

Editor : Rasdianah Kamis, 11 Juli 2024 08:56
Ketua KPU Makassar Andi Muhammad Yasir Arafat (tengah). Foto: HN/Sinta
Ketua KPU Makassar Andi Muhammad Yasir Arafat (tengah). Foto: HN/Sinta

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar mengklaim sudah menyelesaikan proses coklit hingga 100 % untuk pilkada serentak 2024 mendatang.

Ketua KPU Makassar Andi Muhammad Yasir Arafat menjelaskan, jumlah tersebut telah sesuai dengan Coklit dalam Formulir A daftar pemilih (ADP).

“Alhamdulillah untuk proses Coklit di Makassar berdasarkan Formulir data pemilih sudah 100 persen berdasarkan Formulir A ya,” ujar , Rabu (10/7/2024).

Baca Juga : IKA SMP Pergis Datu Museng Temui Indira, Komitmen Beri Dukungan di Pilwali 2024

Yasir mengatakan, presentasi tersebut sesuai dengan situasi yang dihadapi Pantarlih di lapangan artinya timnya telah mengisi ADPnya karena telah didatangi.

“Bagi pemilih yang belum bisa ditemui pada kunjungan pertama, maka didatangi kembali oleh Pantarlih atau setelah janjian dengan pemilih yang akan didata,” jelasnya.

Meski begitu, katanya, dengan presentasi tersebut bukan berarti seluruh proses akan berakhir, pihaknya akan kembali melakukan pencocokan data dari Bandan Pengawasan Pemilu Umum (Bawaslu) kota Makassar.

Baca Juga : Usai Pertemuan AHY-Amir Uskara, Isu Koalisi PPP-Demokrat Berembus Kencang di Pilkada Gowa

“Jadi dengan 100 persen Coklit bukan berarti berakhir tapi atas dasar itu kita mulai perbaikan data data yang termaksud yang sudah meninggal, data-data dari teman Bawaslu sampai tanggal 25 Juli 2024, kami cocokkan ini.” terangnya.

Yasir meminta, warga segera memasukkan surat keterangan lurah dan akta dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) bagi keluarga yang telah wafat.

“Tetap tercatat sebagai pemilih, jika tidak memenuhi administrasi itu yang bisa mengetahui TMS (Tidak Memenuhi Syarat) misalnya yang meninggal, yaitu surat keterangan lurah dan akta dari Dukcapil kalau tidak ada kedua itu kami belum bisa TSMkan,” tandasnya.

Baca Juga : Susul Hanura, PPP Serahkan Surat Tugas Maju Pilgub Sulsel ke Danny

PENULIS: NURSINTA

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda