Logo Harian.news

Ratusan Relawan KSB di Kukuhkan TR Fahsul Falah

Editor : Biro Sabtu, 06 Juli 2024 14:07
Ratusan Relawan KSB di Kukuhkan TR Fahsul Falah

SINJAI-Penjabat Bupati Sinjai, T.R. Fahsul Falah, mengukuhkan 120 orang relawan Kampung Siaga Bencana (KSB) dari dua kecamatan, yakni Kecamatan Sinjai Selatan dan Borong. Pengukuhan bertempat di alun-alun Sinjai Bersatu, Sabtu (6/7/2024).

Usai pengukuhan, Pj. Bupati mengatakan keberadaan Kampung Siaga Bencana bersama para relawan sangat penting artinya, karena berperan memberikan pemahaman dan kesadaran kepada masyarakat tentang bahaya dan risiko bencana.

“Kampung siaga bencana juga membentuk jejaring siaga bencana berbasis masyarakat, dan memperkuat interaksi sosial anggota masyarakat,” terang Pj. Bupati Sinjai.

Baca Juga : Evaluasi Kinerja Triwulan III di Kemendagri, Ini yang Dipaparkan Pj Bupati Sinjai

Selain pengukuhan juga dilakukan simulasi pencanangan Kampung Siaga Bencana melalui praktik penanganan korban bencana alam. Simulasi melibatkan semua komponen relawan berdasarkan job desk masing-masing.

Simulasi ini turut disaksikan Sekretaris Jenderal (sekjen) Kementerian Sosial yang juga Pelaksana Tugas Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI, Dr. Robben Rico, dan Plt. Kadis Sosial Sulsel, Malik Faisal.

Robben Rico mengatakan, Kabupaten Sinjai merupakan empat besar daerah di Sulawesi Selatan yang tingkat resiko kebencanaan sangat tinggi.

Baca Juga : Pemkab Sinjai Lakukan Penyusunan Master Plan Drainase Bersama LPPM Unhas dan

Terkait hal itu, Kemensos dan Pemkab Sinjai tentunya menyiapkan, mengantisipasi dan memediasi salah satunya yang urgen dengan membentuk Kampung Siaga Bencana.

“Dengan adanya pembentukan KSB ini menjadi langkah awal untuk mempersiapkan warga desa dan kecamatan agar mereka siap dalam menghadapi bencana baik bencana alam dan sosial,”ujarnya kepada awak media.

Paling tidak warga Sinjai katanya, warga sudah bisa menyelamatkan dan menghandle dirinya sendiri jika musibah tiba-tiba datang.

Baca Juga : TR.Fahsul Falah Pantau Titik yang Akan di Kunjungi Presiden Jokowi

“Setidaknya ada mitigasi yang kuat terkait langkah awal dilakukan jika bencana itu datang. Tapi kita berharap mudah-mudahan hal tidak terjadi,” tutupnya.(Adv)

 

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda