Logo Harian.news

“Sabtu Idul Adha, Ahadnya Idul Adha Lagi”

Editor : Gita Minggu, 10 Juli 2022 00:04
“Sabtu Idul Adha, Ahadnya Idul Adha Lagi”

HARIANEWS.COM – Idul Adha 2022 kali ini terjadi dua versi. Atau dua kali dilaksanakan. Ada yang Sabtu 9 Juli 2022 dari Muhammadiyah, dan Minggu 10 Juli 2022 seperti yang disampaikan Kemenag.

Perbedaan ini, juga menjadi bahan ‘candaan’ netizen. Bahkan dengan membuat narasi yang terbilang lucu.

Baca Juga : Update Sengketa Media dan Jurnalis, Hakim Tolak Gugatan Rp 700 M Eks Stafsus Gubernur Sulsel

Narasi ini, juga tersebar di group-group media sosial, seperti di WhatsApp. Entah siapa yang membuatnya, tetapi cukup jadi hiburan semata.

“Sungguh Waktu Sekarang Begitu Cepat. Baru Saja Sabtu Idul Adha, Ahadnya Idul Adha Lagi”

Berikut isi tulisan yang tersebar di media sosial yang harianews.com menayangkannya di media ini melalui rubrik “Harian Jenaka“.

Baca Juga : Kapolda Sulsel Kunjungan Media, Ajak Sukseskan Pemilu

Rubrik ini, sengaja redaksi buat, hanya untuk hiburan belaka bagi pembaca. Sebagaimana fungsi media adalah hiburan salahsatunya.

(Berdasarkan ketentuan pasal 33 UU No. 40 tahun 1999 tentang pers, fungsi pers adalah sebagai media informasi, pendidikan, hiburan dan kontrol sosial).

Diketahui, Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan awal Zulhijah 1443 H jatuh pada Jumat, 1 Juli 2022. Dengan demikian, Hari Raya Iduladha 1443 H jatuh pada Minggu, 10 Juli 2022.

Baca Juga : Aksi Bela Palestina Dihadiri Dua Juta Lebih Massa di Monas

Ketetapan ini berbeda dengan Arab Saudi yang menetapkan 10 Zulhijah 1443 H jatuh pada Sabtu, 9 Juli 2022.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais dan Binsyar) Kementerian Agama, Adib menjelaskan, perbedaan waktu itu disebabkan karena letak Arab Saudi lebih barat dari Indonesia.

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda