Logo Harian.news

Safari Jurnalistik PWI – ASTRA di Makassar: Era Disrupsi Media Perlu Transformasi

Editor : Gita Selasa, 16 Agustus 2022 00:29
Safari Jurnalistik PWI – ASTRA di Makassar: Era Disrupsi Media Perlu Transformasi

MAKASSAR, HARIANEWS.COM – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat bekerjasama dengan ASTRA kembali menyelenggarakan Safari Jurnalistik 2022 yang kali ini digelar di Makassar tepatnya di Hotel Gammara, Jl Metro Tanjung Bunga, Senin (15/8).

Safari Jurnalistik diikuti seratusan peserta terdiri dari wartawan dari PWI Sulsel, mahasiswa serta utusan dari Dinas Kominfo Makassar.

Diawali pemaparan Ketua Bidang Pendidikan PWI Pusat, Nurjaman Mochtar mengungkapkan perkembangan media saat ini sedang mengalami disrupsi teknologi digital.

Baca Juga : Nikmati Ragam Kemudahan dan Promo Diskon Digelaran BMW X-Day Makassar

Disrupsi teknologi digital adalah era terjadinya inovasi dan perubahan besar-besaran secara fundamental karena hadirnya teknologi digital, mengubah sistem yang terjadi di Indonesia maupun global.

Informasi begitu mudah diterima, dari berbagai platfoam seperti media sosial. Sehingga menjadi tantangan bagi wartawan. Seperti mampu menerapkan multitaskin jurnalistik.

“Kedepan fungsi wartawan hanya verifikasi, dan pertanggungjawaban ke Dewan Pers. Kenapa, karena 70 persen informasi itu dari medsos. Iya kira-kira bergeser kesitu” paparnya.

Baca Juga : Berita Duka, Tokoh Pers Salim Said Meninggal Dunia

Olehnya itu, PWI bersama ASTRA mengajak wartawan senantiasa menambah kualitas SDM agar tujuan memberikan informasi edukasi, bermanfaat kepada publik tetap terjaga.

Sementara dari PWI Sulsel diwakili Ketua Bidang Kerjasama mengatakan perkembangan media di era digital penuh tantangan. Seperti konfesional harus mampus bertransformasi digital.

Baca Juga : Keren! SIT Darul Fikri Makassar Gelar Selebrasi Riset: Kembangkan Iptek Lewat Tenant Ilmiah

“Kami rasakan betul berat, masa pandemi ada plus dan minus. Di era digital ini jangan melawan tapi memanfaatkan kekuatan dengan trasnformasi media,” katanya.

Sementara pihak ASTRA mengungkapkan komitmennya untuk meningatkan kualitas wartawan, berlandasakan etika jurnalistik. Era saat ini melalui smartphone semua dapat diakses.

“Tentunya wartawan memiliki tugas kembangkan hal baik dan sebarkan. Karena disinformasi dan misinfromasi melalui digital, dengan tugas mengembangkan hal baik berimbang,” kata Head of Media Relations Astra, Regina Panontongan.

Baca Juga : Begini Cara Ganti Oli Secara Berkala dan Tepat Waktu Versi Asmo Sulsel

Dikatakan ASTRA, memiliki 241 grup usaha, dengan jenis usaha bidang Otomotif,
Jasa Keuangan, Alat Berat, Pertambangan, Konstruksi & Energi, Agribisnis, Infrastruktur & Logistik, Teknologi Informasi.

Sebelumnya, Ketua PWI Pusat Atal S. Depari memberikan sambutan melalui video karena tidak bisa hadir langsung di Makassar, hadir pula Zulkifli Gani Ottoh.

Hadir pula di acara ini Kordinator Grup Astra Wilayah Makassar, Suhardi. Penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards 2017, Jamaluddin.

Narasumber lainnya, Direktur Sekolah Jurnalisme Indonesia PWI Pusat, Ahmed Kurnia dengan tem “peluang wartawan/konten kreator di era dinamika platform”.

Wakil Sekjen III PWI Pusat, Suprapto dengan materi “menulis konten yang shareable”. Lalu direktur eksekutif Komunikonten, Hariqo Wibawa Satria “menangkap peluang bisnis di media sosial”.

Serta Merdy Sofansah dengan materi “multitasking journalist”. Serta diakhiri dengan lomba video dan pemberian hadiah pemenang.

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda