Logo Harian.news

Sekilas Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN)

Editor : Redaksi Selasa, 07 November 2023 16:44
Dok. IKN
Dok. IKN

HARIAN.NEWS – Ketika pertengahan tahun 2019, Presiden Indonesia mengumumkan bahwa ibu kota Indonesia akan dipindahkan ke luar Jawa. Kemudian ditetapkan Lokasi ibu kota baru merupakan wilayah yang meliputi sebagian besar wilayah administrasi Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara di Provinsi Kalimantan Timur.

Perpindahan Ibu Kota Negara tersebut merupakan salah satu upaya konkrit pemerintah dalam memperbaiki tata kelola wilayah Ibu Kota untuk masa depan yang lebih maju setara dengan bangsa bangsa lain di dunia.

Pembangunan Ibukota Nusantara ini, total luas kawasan sebesar 324.332 ha terdiri luas daratan 256.142 ha, luas perairan 68.188 ha sedangkan kawasan Ibukota Nusantara seluas 56.180 ha dan luas pusat inti pemerintahan 6.617 ha.

Baca Juga : Stt Jokowi Batal Ngantor di IKN Bulan Juli Ini

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan embangunan infrastruktur dasar Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Tahap 1 di Kalimantan Timur, termasuk bangunan kantor pemerintahan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), semua perencanaan tahap 1 ditargetkan dapat diselesiakan pada tahun 2024.

Target pada tahap I ini yang kontrak pekerjannya atelah dimulai sejak tahun 2021 seperti pembangunan Jalan Tol Akses IKN, Bendungan Sepaku Semoi, Istana Negara dan Kantor Presiden sedangkan Tahap kedua meliputi proyek-proyek yang penandatanganan kontraknya dimulai pada April – Mei 2023 yang dapat segera dibangun gedung, seperti gedung kementerian koordinator 2 dan rumah rusun ASN IKN.

Beberapa infrastruktur dasar IKN yang utamanya akan selesai pada 2024 yakni untuk pemenuhan kebutuhan air bersih, dan beberapa jaringan jalan untuk meningkatkan konektivitas ke kawasan IKN. Untuk air bersih tengah diselesaikan Bendungan Sepaku Semoi dan Intake Sepaku, selanjutnya juga ditargetkan Sistem Penyediaan Air Minumnya dapat mulai didistribusikan ke beberapa kawasan di IKN pada 2024.

Baca Juga : Infrastruktur tak Siap, Jokowi Batal Ngantor di IKN Juli 2024

Salah satu penyebab dari perpindahan ini ditujukan agar proses pembangunan dapat lebih merata di seluruh wilayah Indonesia. Proses pemindahan ini memberikan dampak yang positif baik bagi pemerintah dan terutama untuk masyarakat Indonesia.

Pemindahan ibu kota ini akan memberikan dampak yang sangat positif untuk perekonomian nasional yang menyebabkan penggunaan sumber daya potensial diluar jawa ini semakin maksimal. Sumber daya potensial di luar jawa ini masih banyak yang belum dimanfaatkan secara baik.

Saat ini proses perdagangan dari setiap sektor masih terpusat di pulau Jawa. Hal ini disebabkan oleh proses mobilitas untuk menjangkau di luar pulau Jawa masih cukup sulit dan biaya yang diperlukan juga besar.Ketika pemindahan IKN ini sudah terlaksana diharapkan akan membuat tingkat mobilitas untuk menjangkau luar pulau Jawa semakin mudah.

Baca Juga : Diundang Bertemu Jokowi di Bulukumba, Danny Sebut tak akan ada Pembicaraan Politik

Tingkat pembangunan untuk wilayah di luar pulau Jawa tidak mengalami peningkatan yang signifikan di setiap tahunnya. Ketimpangan pembangunan ini tentu akan berdampak di sektor lain, seperti kesehatan, pendidikan, dan ekonomi.

Dampak positif dari pemindahan IKN ke Kalimantan Timur ini akan memberikan potensi pembangunan yang merata bagi wilayah luar pulau Jawa. Dengan begitu, seluruh sektor kesehatan, pendidikan, dan ekonomi masyarakat di Jawa dan luar Jawa tidak beda jauh.

Setiap tahunnya, tingkat kepadatan masyarakat di Jakarta selalu mengalami peningkatan. Hal ini turut menjadi penyebab dari kemacetan Jakarta setiap harinya. Pasalnya, sektor pemerintahan dan sektor bisnis/industri tingkat nasional berpusat di Jakarta. Adanya pemindahan IKN ini tentu akan mengurai tingkat kepadatan masyarakat nantinya, sektor bisnis/industri bisa berpusat di Jakarta dan sektor Pemerintahan di Kalimantan Timur.

Baca Juga : Mendagri Janjikan Percepatan Karier bagi ASN yang Pindah ke IKN

Kita berharap pembangunan di kawasan IKN ini betul betul berdampak positip bagi kawan diluar jawa terutama di Kalimantan timur baik infrastruktur, keuangan, perdagangan, sosial dan lainnya dan tentunya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kepala Sub Umum KPPN Samarinda

Penulis : B. Purwantara

 

SUMBER :

https://www.ikn.go.id/tentang-ikn
https://pu.go.id/berita/kementerian-pupr-proyeksikan-pembangunan-ikn-rampung-seluruhnya-pada-2045-menyongsong-indonesia-emas-di-satu-abad-kemerdekaan
https://ditjenbinaadwil.kemendagri.go.id/berita/detail/pembangunan-daerah-mitra-yang-terintegrasi-dan-sinergis-sebagai-superhub-ekonomi-dalam-mendukung-ikn
https://www.inilah.com/dampak-positif-dan-negatif-pemindahan-ibu-kota-negara

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda