Logo Harian.news

Sekjen Kemensos Bakal Hadiri Pencanangan KSB di Sinjai

Editor : Biro Selasa, 02 Juli 2024 15:47
Sekjen Kemensos Bakal Hadiri Pencanangan KSB di Sinjai

Sinjai-Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Dinas Sosial akan mencanangkan Kampung Siaga Bencana (KSB) di Alun-alun Sinjai Bersatu pada Sabtu (06/07/2024) mendatang.

Rencana pencanangan ini mulai dibahas Pemkab Sinjai pada rapat koordinasi (rakor) bersama sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Forkopimda, yang dipimpin langsung Penjabat Bupati Sinjai T.R. Fahsul Falah, di Command Center Rumah Jabatan Bupati, Senin (01/07/2024) malam.

KSB merupakan pelatihan mitigasi bencana berbasis masyarakat yang dilakukan untuk mengurangi risiko dan ancaman bencana di daerah rawan bencana.

Baca Juga : Evaluasi Kinerja Triwulan III di Kemendagri, Ini yang Dipaparkan Pj Bupati Sinjai

Kepala Dinas Sosial Sinjai, A. Muhammad Idnan menjelaskan pembentukan KSB tersebut akan dilakukan di dua Kecamatan, yakni Sinjai Borong dan Sinjai Selatan.

“KSB ini kampung siaga bencana semacam pelatihan berbasis masyarakat. Kita melatih orang-orang yang nantinya akan menjadi inisiator jika terjadi bencana,” jelasnya.

Jika tak ada aral yang melintang, pencanangan akan dihadiri langsung Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial sekaligus Pelaksana Tugas Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI, namun sebelum itu akan digelar apel siaga yang dipimpin Pj. Bupati Sinjai.

Baca Juga : Ratusan Relawan KSB di Kukuhkan TR Fahsul Falah

Sekira 120 peserta dari dua kecamatan akan dilibatkan dalam pelatihan tersebut. Mereka itulah yang nantinya akan menjadi perpanjangan tangan pemerintah daerah jika terjadi bencana di Desa-desa.

“Peserta KSB akan memperoleh pelatihan dari pihak Kemensos dan Tim Tagana Pusat mulai 4 Juli 2024. Nanti minimal disetiap Desa ada peta jaringan kebencanaan dan ada titik kumpul apabila terjadi bencana,” ungkapnya.

Sebelumnya di Kabupaten Sinjai sudah terbentuk dua KSB, yakni di Kecamatan Sinjai Barat dan Sinjai Tengah. (Adv)

Baca Juga : Pemkab Sinjai Lakukan Penyusunan Master Plan Drainase Bersama LPPM Unhas dan

 

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda