Logo Harian.news

Sempurnakan Pemasaran Digital, Peserta Batch 5 Praktik Pembuatan Konten Menarik

Editor : Ahmad Rabu, 11 Oktober 2023 15:15
Peserta eksposure UMKM dan bisnis digital batch 5 diajarkan cara membuat konten yang menarik untuk menarik perhatian konsumen di Inkubator UKM Kota Makassar, Rabu (11/10/2023).
Peserta eksposure UMKM dan bisnis digital batch 5 diajarkan cara membuat konten yang menarik untuk menarik perhatian konsumen di Inkubator UKM Kota Makassar, Rabu (11/10/2023).

MAKASSAR, HARIAN.NEWS – Kemajuan teknologi dan keberagaman platform digital telah membuka peluang besar bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk memasarkan bisnis mereka secara lebih efektif. Namun, untuk mengambil manfaat penuh dari potensi ini, UMKM perlu memahami strategi pemasaran digital yang efektif.

Salah satu strategi pemasaran digital yang terbukti sangat efektif di platform media sosial adalah konten yang menarik. Dalam pertemuan ketiga batch 5, peserta diajarkan cara membuat konten yang menarik untuk menarik perhatian konsumen.

Mentor Odhi Fahrurazi, yang memimpin sesi pelatihan menjelaskan bahwa pelatihan ini adalah kelanjutan dari sesi sebelumnya.

Baca Juga : ‘Istana’ Syahrul Yasin Limpo di Makassar Disita KPK

“Ini masih kelanjutan dari pertemuan sebelumnya. Hari ini kita belajar bagaimana membuat ide konten, dan kita juga membuat konten,” katanya di Inkubator UKM Kota Makassar, Rabu (11/10/2023).

Odhi juga menyoroti pentingnya pemahaman peserta dalam membuat rencana konten dan menyusun jadwal konten.

“Mereka diajak untuk memahami apa yang perlu diperhatikan dalam membuat konten, seperti bagaimana membuat rencana konten dan menyusun pengingatnya di kalender untuk konsistensi. Mereka juga dapat lebih memahami target pasar mereka,” jelasnya.

Baca Juga : Empat Mahasiswa Unibos Sabet Dua Prestasi Emas di Ajang Duta Wisata Kota Makassar

Selain itu, Odhi menekankan pentingnya pesan dan informasi yang ingin disampaikan kepada konsumen.

“Yang paling penting adalah nilai dan informasi yang ingin disampaikan kepada konsumen, bagaimana kita saling berbagi manfaat, bukan sekadar penjualan,” tambahnya.

Peserta dari UMKM Shirool.id Kecamatan Mariso, Falenzia Gani, mengungkapkan manfaat dari materi pelatihan media sosial ini.

Baca Juga : Prakiraan Cuaca Kota Makassar dan Sekitarnya Hari ini 15 April 2024: Diprediksi Hujan

“Materi sosial media sangat bermanfaat bagi UMKM karena banyak dari kami belum tahu bagaimana menggunakannya. Tadi saat praktek, baru tahu betapa pentingnya rencana konten,” katanya.

Tambah dia, sebelum mengunggah foto di media sosial harus membuat rencana konten terlebih dahulu.

“Ini mencakup pembuatan konten kalender yang mencakup ide konten produk yang kami jual, caption, hashtag, target pelanggan, masalah, solusi saat membuat konten, dan cara agar konsumen menyukai produk kami,” tambahnya.

Baca Juga : Dinas Koperasi dan UMKM Gelar SMES & Finance Expo 2024

Pelatihan konten menarik di media sosial menjadi langkah penting bagi UMKM yang ingin memaksimalkan potensi platform digital dalam pemasaran produk dan membangun hubungan yang lebih kuat dengan konsumen.

Kegiatan Eksposure UMKM dan Bisnis Digital merupakan program kerjasama Dinas Koperasi dan UKM dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) yang telah memasuki batch ke-5. Pelatihan ini diperuntukan bagi pelaku UMKM yang berada di Kota Makassar.

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda