Logo Harian.news

Senilai Rp 5,7 Miliar, Unhas Umumkan 3 Prodi Lolos Kelayakan Verifikasi PK-KM 2024

Editor : Rasdianah Senin, 05 Februari 2024 21:26
Wakil Rektor Bidang Akademik Unhas, Prof. Muhammad Ruslin saat memberikan keterangan kepada awak media, di Unhas Senin (5/2/2024). Foto: harian.news/rasak
Wakil Rektor Bidang Akademik Unhas, Prof. Muhammad Ruslin saat memberikan keterangan kepada awak media, di Unhas Senin (5/2/2024). Foto: harian.news/rasak

HARIAN.NEWS, MAKASSAR — Sebanyak 3 Program Studi (Prodi) di Universitas Hasanuddin (Unhas), yaitu Prodi Ilmu dan Teknologi Pangan, Peternakan, dan Agroteknologi, dinyatakan lolos kelayakan verifikasi Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM) oleh Kementerian Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Diktiristek).

Wakil Rektor Bidang Akademik Unhas, Prof Muhammad Ruslin menyebutkan saat pengusulan awal, ada 12 usulan proposal dari 12 Prodi. Setelah itu, dilakukan seleksi internal untuk pengajuan 5 proposal ke tingkat nasional.

“Nah, dari proposal yang diajukan tersebut, 3 prodi ini yang lolos dengan nilai total usulan sekitar Rp 5,7 miliar,” ungkap Prof Ruslin, Senin (5/2/2024).

Baca Juga : Unhas Tuan Rumah Konsorsium Perguruan Tinggi KTI – KUUB

Menurutnya, hibah PK-KM 2024 ini ditujukan untuk memfasilitasi inisiasi transformasi pendidikan tinggi, agar dapat berkontribusi secara aktif dan dapat meningkatkan daya saing bangsa melalui kerja sama erat dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) serta top world class universities (QS100 by subject).

“PK-KM merupakan program kompetisi terbuka, dengan sistem seleksi berkelompok (tiered system) berdasarkan pada jumlah mahasiswa aktif dan akreditasi perguruan tinggi serta geografi/regional. PK-KM dapat mencakup program studi dan program di tingkat institusi (Institutional Support System/ISS),” tegas Prof Ruslin.

Kata Prof. Ruslin, sejak tahun 2022, Unhas sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia telah ikut berpartisipasi pada PK-KM ini.

Baca Juga : Unhas Kukuhkan Tiga Professor Baru dari Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan

“Di tahun 2023, Unhas berhasil memenangkan hibah Institutional Support System (ISS) yang merupakan bagian dari PK-KM dan mendapatkan pendanaan untuk Program Studi Teknik Pertanian senilai Rp 1,5 miliar,” kata Prof Ruslin.

Jika melihat proses seleksi tahun-tahun sebelumnya, kata WR I Unhas ini, prodi yang lolos kelayakan verifikasi biasanya sudah pasti lolos.

“Hanya sisa penyesuaian anggaran pada proposal yang diusulkan,” tutup Prof Ruslin.

Baca Juga : Guru Besar Unhas Tanggapi Gugatan Pejabat Publik Sulsel atas 2 Media Online Makassar

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943
Penulis : RASAK

Follow Social Media Kami

KomentarAnda