Logo Harian.news

Sosok DR Samahuddin Muharram figur Bacalon Bupati Bone yang Bermasyarakat

Editor : Biro Senin, 10 Juni 2024 15:14
Sosok DR Samahuddin Muharram figur Bacalon Bupati Bone yang Bermasyarakat 

Bone-DR.Samahuddin Muharram, telah bertekad untuk menjadi salah satu bakal calon Bupati Bone di tahun 2024.

Dia adalah putra daerah Bone yang merupakan seorang dosen Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, dan bekerja sebagai tenaga ahli Gubernur Kalsel.

DR.Samahuddin Muharram mengakui kalau dirinya berasal dari keluarga sederhana dan bukan bangsawan.

“Saya ini berasal dari keluarga sederhana, ibu saya dulunya hanya bertani, dan ayah melaut,”

Kata dia, Untuk memimpin Bone tidak lah semata mata karena seorang bangsawan, dan kita tidak mencari figur karena kebangsawanan, namun kita mencari figur yang memiliki perilaku kebangsawan yang mau peduli terhadap masyarakat.

“Inilah prilaku yang tertanam dalam diri saya, sejak kecil nilai yang ditanamkan orang tua saya H.Muharram. Makanya saya selalu berusaha membantu terhadap sesama,” ujar Samahuddin yang berasal dari kecamatan Salomekko Kabupaten Bone ini.

Dengan intens hingga saat ini masih terus melakukan komunikasi langsung dan bertatap muka dengan warga masyarakat Bone.

Menurut DR.Samahuddin Muharram, bahwa apa yang dilakukannya ini adalah bentuk Silatuhrahminya kepada sesama warga masyarakat Bone.

“Saya datang menemui mereka dalam rangka Silatuhrahmi, Alhamdulillah, bertemu dan komunikasi langsung dengan warga masyarakat Bone lebih terasa nyaman. Apalagi sesama warga masyarakat Bone, rasanya dekat sekali,”

“Kemarin saya jalan di beberapa Desa dan Kecamatan. Beraneka ragam keluhan warga yang saya dengar, terutama akses jalan,

Inshaa Allah, semoga mendapat berkah dan ridho dari Allah, kita bersama-sama membangun Bone,jika Allah meridhoi, saya akan membawa perubahan untuk Bone, dan bekerja keras untuk menyelesaikan masalah-masalah yang di hadapi Pemkab Bone saat ini,” kata DR.Samahuddin Muharram.

Perjalanan hidup DR.Samahuddin Muharram :

Dikenal dengan motto hidupnya, “Jadilah Bermanfaat untuk Orang Banyak,” perjalanan hidup Samahuddin penuh dengan pencapaian luar biasa. Setelah menyelesaikan pendidikan dasarnya di SDN 254 Ulubalang Salomekko, Kabupaten Bone, ia melanjutkan pendidikan menengahnya di SMP 11 Kota Banjarmasin dan SMA Ammanagappa Kota Makassar.

Tak berhenti di situ, Samahuddin meraih gelar S1 di bidang Ilmu Politik dari Universitas Hasanuddin Makassar pada tahun 1998. Kemudian, ia melanjutkan pendidikan pascasarjana hingga meraih gelar S2 tahun 2001 dan S3 di bidang Ilmu Politik Pemerintahan dari Universitas Padjajaran Bandung pada tahun 2011.

Perjalanan Karir dan Pengalaman :

Setelah menyelesaikan pendidikan, Samahuddin sukses meniti karir di berbagai bidang. Mulai dari dunia bisnis hingga akademisi, ia telah mengukir prestasi yang mengesankan.

Sebagai seorang pengusaha, Samahuddin pernah menjabat sebagai Direktur PT. Putra Setia Abadi Jakarta (2001-2005) dan Direktur PT. Hadi Sukma Utama Jakarta (2005-2007).

Namun, panggilan dunia akademis tak bisa diabaikan. Sejak tahun 2006, Samahuddin telah menjadi dosen ilmu pemerintahan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Lambung Mangkurat hingga saat ini.

Selain itu, ia juga aktif sebagai dosen di berbagai perguruan tinggi lainnya, seperti Universitas Muhammadyah Palangkaraya dan STIA Mandala Indonesia Depok.

Samahuddin juga pernah menjabat sebagai Dewan penyunting Jurnal Charta Publika MAP Universitas Lambung Mangkurat pada tahun 2012-2014, kemudian Mitra Bastari jurnal penelitian Balai Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika Banjarmasin tahun 2012-1016.

Pengabdian dan Kiprah Organisasi:

Selain kesibukannya dalam dunia bisnis dan akademis, Samahuddin pernah menjabat sebagai Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Selatan pada tanun 2013-2018, Staf Khusus Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan 2018-2020, dan Tenaga Ahli Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2020 sampai sekarang.

Pengalaman organisasinya pun tak kalah mengesankan. Samahuddin aktif dalam berbagai organisasi mahasiswa dan kemasyarakatan, mulai dari Sekretaris Umum Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik (HIMAPOL) FISIP Unhas Tahun 1995-1996, Anggota Dewan Perwakilan Mahasiswa FISIP Unhas Tahun 1995-1996, Ketua Umum senat Mahasiswa FISIP Unhas (BEM) Tahun 1996-1997, Koordinator Dewan Mahasiswa UNHAS 1997.

Kemudian, Pengurus Komisariat HMI FISIP Unhas Tahun 1994-1996, Pengurus Koordinator Komisariat HMI UNHAS Tahun 1996-1998, Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Makassar Tahun 1996-1998, WakiL Sek Keorganisasian dan Kepemudaan Badko HMI Sulawesi Tahun 1998-2000, Sekretaris MASIKA ICMI Sulawesi Selatan Tahun 1998-2000, Dewan Pakar MD KAHMI Kota Banjarmasin Tahun 2011-2016, Presedium MW KAHMI Kalimantan Selatan Tahun 2018-2022

Selanjutnya, Koordinator Jaringan Demokrasi Indonesia (JaDI) Kalsel Tahun 2020 sampai sekarang, Ketua Persaudaraan Dosen Republik Indonesia (PDRI) Kalsel

Tahun 2020-2025, Ketua DPC Pelra Pelabuhan Kota Banjarmasin Tahun 2022-2027.(BGS)

 

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda