Logo Harian.news

Starlink Gagasan Danny Dinilai Hambur Uang, Dewan: Urgensinya Apa, Ekonomi Belum Baik-baik Saja!

Editor : Rasdianah Rabu, 03 Juli 2024 11:38
Juru Bicara Fraksi PKS kota Makassar Yeni Rahman. Foto: dok DPRD Makassar
Juru Bicara Fraksi PKS kota Makassar Yeni Rahman. Foto: dok DPRD Makassar

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Ide pemasangan starlink untuk mengantikan Wireless Fidelity (Wifi) yang terpasang di lorong oleh Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto mendapatkan ragam reaksi.

Baik dari Calon Wali Kota Makassar hingga Pengamat Pemerintahan dan Tata Kelola Keuangan Negara. Teranyar dari Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Komisi D Yeni Rahman menyoroti hal ini.

Menurutnya, pengadaan starlink akan menyebabkan pemborosan dalam belanja Pemerintah Kota Makassar.

Baca Juga : Kota Makassar Peringkat Satu SPBE di Sulsel, Danny Pomanto Dorong Pembenahan Digital

“Yang kemarin masuk di lorong saja belum selesai, apa coba starlink itu. Masa kita mau menghamburkan uang berkali-kali,” tegas Yeni kepada Harian.News, Rabu (3/7/2024).

Yeni tegaskan, agar Wali Kota Makassar tidak mengada-ada dengan kekuasan yang Ia miliki, karena ekonomi pemerintah belum pulih pasca pandemi.

“Sekarang keadaan ekonomi belum baik-baik saja, lebih baik kita gunakan untuk masyarakat yang langsung, apa coba starlink itu?,” tegasnya.

Baca Juga : Perkuat Branding Kota Festival Tepian Air, Danny Pomanto: Inovasi Pariwisata dan Budaya

Meski Wali Kota Danny, akan menguji coba starlink menggunakan biaya operasional Wali Kotanya, Yeni tetap mengingatkan untuk berhati-hati.

“Selama dia tidak menggunakan uang negara, ya Kita tidak larang, tetapi itu tetap perlu ke hati-hatian, karena sebenarnya Kita menjadi seorang pemimpin, Kita menjadi seorang Wali Kota itu agak susah menyakinkan publik, karena tidak bisa bilang Saya lepas dulu Wali Kotaku dan sekarang jadi rakyat biasa jadi perlu ke hati-hatian,” kata Yeni.

Katanya, Danny tidak melihat urgensi dan fokus dalam pengadaan untuk memenuhi kebutuhan warganya di masa akhir jabatan.

Baca Juga : F8 Makassar 2024 Hadirkan Keanekaragaman Budaya Sulsel dengan Tema ‘The Unity’

“Saya sebenarnya sudah analisa sedikit soal starlink, memang bagus ya, jaringan bagus, ada plus minusnya. itu lebih bagusnya dia di tempat terbuka kaya di pedalaman, untuk kota kurang bagus,” katanya.

“Kalau mau pasang di pulau tentu saja saya sangat sepakat karena untuk pelayanan jaringan ke mereka gitu. Fokusnya, itu dilorong urgensinya apa?,” tambah Yeni dengan bertanya.

Menjadi urgensi saat ini di warga Makassar adalah penganggaran untuk bidang ketahanan keluarga, jika salah satu alasan pemasangan starlink adalah untuk menyukseskan program jagai anakta’.

Baca Juga : Meriahkan HUT HIKMA ke-87 di Gowa, Indira Yusuf Ismail Ikut Tanam Pohon

Pemkot ikut memberikan sosialisasi kepada orang tua untuk menyakinkan anak betah tinggal di rumah.

“Kalau perlu itu kita lakukan penganggaran di bidang-bidang untuk ketahanan keluarga, untuk bagaimana bisa mendidik anak-anak di rumah yang harus dipikirkan,” tandasnya.

PENULIS: NURSINTA

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda