Logo Harian.news

Sukses Gelar MPTW 2024, Ratusan Pemuda Dapat Kelas Sukses Berkarir

Editor : Gita Senin, 08 Juli 2024 06:00
Foto: dok Pemkot Makassar
Foto: dok Pemkot Makassar

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Makassar sukses mengelar Passion & Tech Week (MPTW) 2024. Ratusan pemuda hadir dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan ini berlangsung di Mall Nipah Makassar. Para peserta nampak antusias mendapatkan kelas dan materi dari para ahli.

Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Makassar Andi Tenri Lengka Bau Djemma mengatakan Makassar Passion & Tech Week (MPTW) 2024 juga mempersiapkan pemuda Makassar siap menghadapi Era Digital.

Baca Juga : Revisi Perda Rencana Tata Ruang Wilayah di Makassar Target Rampung Tahun ini

“Jadi ingin kita capai bagaiamana pemuda yang ada di kota Makassar ini bisa masuk mendapatkan hasil yang dia inginkan. Cita-cita termasuk peluang kerja mereka,” kata Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Makassar Andi Tenri Lengka Bau Djemma, Minggu (7/7/2024).

Engka sapaan akrabnya menjelaskan pemuda saat ini kedalam menghadapi sebuah masalah. Masalah itu di sebut sebagai kegaualauan atau pesimis melihat masa depan yang ada.

“Kegalauan yang ada adalah pada saat lulus kuliah dia tak mampu berkarir dengan baik karena ketidak tahuan masuk dalam dunia kerja.
Sehingga kegiatan ini dia mempunyai pengalaman bagaimana dunia kerja khususnya dalam peningkatan SDM,” jelasnya.

Baca Juga : Segera Digelar, Kadispar Beberkan Progres 5 Zona Panggung F8 Makassar

Mantan Sekertaris Pariwisata Kota Makassar menyebut pemuda kerap kali tak berhasil masuk kerja hanya karena karena masalah wawancara hingga membuat CV kerja. Olehnya itu, Dispora memberi ruang dengan membuat kelas belajar.

“Jadi pertama ada beberapa kelas- kelas yang di buka narsum yang memang ahli di bidangnya. Pemuda di ajar bagaiamana jika menghadapi wawancara di dunia kerja, bagaiamana menjalani pekerjaan dan di berikan ruang kelas pemuda,” paparnya.

Apalagi kata Engka, dunia digitalisasi saat ini menjadi hal yang sangat penting. Orang harus mampu memiliki skill yang mempuni dalam bidang pekerjaan.

Baca Juga : Usai Segel, Ahli Waris Tanah SD Inpres Pajjaiang Minta Pemkot Makassar Ganti Rugi Rp 14 M: Jika Tidak Terpaksa Ditutup

“Di ajar di dunia kerja ini apa harus di lakukan, apa lagi di era di digital, dia punya skill, bukan cuman SDM saja, agar di dunia kerja sudah bisa bersaing supaya ada SDM yang bagus, skill dan pengalaman,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda Dispora Makassar Muhammad Dasysyara Dahyar mengatakan Pemerintah Kota Makassar hadir memberi ruang bagi para pemuda di Kota Makassar.

“Ruang itu berupa teknik buat CV lamaran kerja, wawancara. Kenapa itu harus karena semua di periksa termasuk bekal bersosial media biar rapi, Kemudian juga ada konsultasi karir,” terangnya.

Baca Juga : Sukseskan Gelaran F8 Makassar, Dishub Lakukan Pemeliharaan Lampu Jalan di Sekitar Anjungan Losari

Tak hanya itu Dee juga menyiapkan beragam kegiatan lainya bagi para pemuda, termasuk star up.

” Selain itu lomba ide bisnis, kemudian startup kayak wirausaha itu. Kemuda pasar kerja dan dunia wirausaha juga ada,” ucapnya.

Makassar Passion and Tech Week merupakan event tahunan, kegiatan ini mulai digelar Sabtu-Minggu 6-7 Juli 2024 di Mal Nipah Makassar.

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda