Logo Harian.news

Tanggap Bencana, Unhas Libatkan Mahasiswa Ikut KKN Tematik di Kabupaten Luwu

Editor : Gita Minggu, 12 Mei 2024 09:27
Mahasiswa Unhas dikirim ke kabupaten Luwu untuk mengikuti KKN Tematik. (Foto: Humas Unhas)
Mahasiswa Unhas dikirim ke kabupaten Luwu untuk mengikuti KKN Tematik. (Foto: Humas Unhas)

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Universitas Hasanuddin (Unhas) kian menunjukkan kepeduliannya terhadap korban bencana banjir dan longsor yang ada di Sulawesi Selatan.

Untuk itu, pihaknya mengirimkan logistik ke Desa Kampale di Kab Sidrap dan Tim Tanggap Bencana ke wilayah Luwu yang dilanda banjir dan longsor.

Selain itu, dalam waktu singkat setelah bencana, Unhas juga menginisiasi program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Tanggap Bencana. KKN tematik ini diikuti 8 mahasiswa dari lintas fakultas dan telah berangkat pada Jumat 10 Mei 2024.

Baca Juga : Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Unhas dan UNESCO Fokus Kembangkan AI di Ranah Kampus

Keberangkatan tim KKN Tematik ini bersama tim relawan tanggap darurat Unhas yang lain dengan total 29 orang. Tim yang berangkat dilepas oleh Direktur Transformasi Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Sahriyanti Saad, SHut MSi PhD bersama Direktur Kemahasiswaan Unhas, Abdullah Sanusi PhD.

Delapan mahasiswa Unhas peserta KKN Tematik terlibat langsung dengan masyarakat terdampak banjir dan memberikan bantuan serta melakukan pembersihan fasilitas umum dan rumah-rumah warga terdampak bencana.

Selain peserta KKN, keberangkatan tim juga didampingi Dr Ir Syarifuddin Mabe Parenreng yang juga Kepala Subdirektorat Pendidikan Berbasis Pengabdian Kepada Masyarakat dan dr. Irwin Aras, M Epid MMed Ed, sebagai penanggung jawab KKN Kesehatan Profesi Unhas, serta dosen lain dari beberapa fakultas berbeda.

Baca Juga : Diresmikan 15 Juli, Program RISE di Bulorokeng akan Dihadiri 40 Peneliti Asing Dunia

Mahasiswa KKN Unhas ini akan beraktivitas di wilayah terdampak dengan fokus di Kabupaten Luwu selama dua minggu dan memastikan bantuan serta dukungan berkelanjutan kepada masyarakat yang terkena dampak.

“Dalam pelaksanaannya, mahasiswa KKN akan melakukan berbagai kegiatan, antara lain memberikan bantuan penyaluran logistik, melakukan asesmen, dan menerapkan solusi berkelanjutan. Tugas mereka mencakup berbagai bidang, mulai dari layanan kesehatan dan sanitasi hingga pembersihan fasilitas umum, rumah ibadah dan pemberdayaan masyarakat,” terang Sahriyanti Saad.

Selain mengerahkan personel, Unhas juga memberikan dukungan logistik penting, antara lain air minum, beras, makanan siap saji, mie instan, produk sanitasi, perlengkapan bayi, dan obat-obatan.

Baca Juga : Mampu Kembangkan Perpustakaan, Mahasiswa Makassar Tertarik Teliti Inovasi Sentuh Pustaka

Paket bantuan komprehensif ini mencerminkan pendekatan holistik Unhas dalam penanganan bencana, dengan memprioritaskan respon cepat dan pemulihan masyarakat yang terkena dampak.

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda