Logo Harian.news

Viral Surat Suara di Luar Negeri Sudah Dihitung, ini Penjelasan KPU

Editor : Rasdianah Kamis, 08 Februari 2024 11:27
Postingan surat suara sudah dihitung. Foto: ist
Postingan surat suara sudah dihitung. Foto: ist

HARIAN.NEWS, JAKARTA – Masyarakat dibuat gaduh oleh sebuah postingan di media sosial yang kemudian viral. Postingan itu menyebut penghitungan suara Pemilu di luar negeri sudah dilakukan.

Disebutkan ada enam negara sudah menghitung hasil yakni Malaysia, Korea Selatan, Jepang, Taiwan, Singapura dan Arab Saudi.

Hasilnya, paslon 02 Prabowo-Gibran menang dari paslon 01 Anies-Muhaimin dan paslon 03 Ganjar-Mahfud.

Baca Juga : Mulai Rekapitulasi Tingkat Kota, KPU Sebut 10 Kecamatan Belum Setor Kotak Suara

Dalam postingan itu, disebut Prabowo-Gibran mendapat 83,2% suara di Malaysia, 85,2% suara di Korsel, 88,2% suara di Taiwan, 75,2% di Jepang, 80,2% di Singapura dan 87,2% suara di Arab Saudi.

Ketua KPU RI Hasyim Asyari memastikan postingan ini hoaks.

“Publikasi hasil penghitungan suara Pemilu luar negeri tersebut adalah tidak benar,” kata Hasyim kepada wartawan, dikutip dari kumparan, Kamis (8/2/2024).

Baca Juga : Cak Imin: Koalisi Partai Pendukung AMIN Siap Ajukan Hak Angket Pemilu 2024

Hasyim mengatakan, memang pemungutan suara di luar negeri dilaksanakan lebih awal atau early voting daripada pemilihan di dalam negeri. Sebab ada 3 metode digunakan yakni TPS, via pos dan Kotak Suara Keliling.

Meski pencoblosan dilakukan lebih awal, penghitungan suara dilakukan bersamaan dengan Pemilu dalam negeri yakni 14 Februari.

“Penghitungan suara Pemilu luar negeri dilaksanakan bersamaan dengan waktu penghitungan suara pemilu dalam negeri yaitu pada tanggal 14-15 Februari 2024,” ucap Hasyim.

Baca Juga : Peduli NKRI, BEM Hukum Unibos Gelar Aksi Damai: Minta KPU dan Bawaslu Bekerja Profesional

“Dengan demikian, bila sudah ada publikasi hasil penghitungan suara luar negeri sebelum 14 Februari 2024, kami pastikan itu adalah tidak benar,” tutup dia.

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda