Logo Harian.news

Wujudkan Makassar Tangguh Bencana dan Iklim, Appi: Mulai dari RT/RW

Editor : Redaksi Sabtu, 26 Oktober 2024 14:30
Wujudkan Makassar Tangguh Bencana dan Iklim, Appi: Mulai dari RT/RW

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Pasang Calon (Paslon) Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar Munafri Arifuddin – Aliyah Mustika Ilham berkomitmen wujudkan Kota Makassar tangguh bencana dan iklim.

Menurut CEO PSM tahun 2022 itu, mewujudkan Makassar tangguh bencana dan iklim harus menyampaikan mitigasi bencana dimulai dari tata pemerintahan yang paling bawah, yaitu Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW).

“Bagaimana fungsi-fungsi ketua RT ketua RW, untuk saling mengingatkan dan menjaga apa yang akan terjadi di dalam wilayah yang ada di kota Makassar,” ujar Appi nama karibnya saat menjawab pertanyaan panelis di Hotel Dalton Makassar, Sabtu (26/10/2024).

Baca Juga : IAS Minta Tim Tetap Tenang Selama Debat Pilwalkot Makassar

Hal tersebut bisa menciptakan, jalur koordinasi dalam tata pemerintah Kota Makassar terwujud di setiap stakeholder.

Sehingga ketika terjadi bencana, tudak muncul kepanikan tetapi bisa menghandle sesuai dengan tugas dan fungsi.

“Inilah tugas dan fungsi pokok kepala daerah untuk memberikan sebuah aturan yang baku, terhadap sistem penanganan bencana sehingga pada saat yang terjadi semua sudah ada di dalam koridor dan fungsi masing-masing,” tegasnya.

Baca Juga : Appi Sampaikan Program Serba Gratis MULIA ke Warga Biringkanaya

Selain itu, Ketua DPD II Golkar Makassar menilai, mewujudkan Kota tangguh bencana dan iklim tentu bekaitan erat dengan meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir dan pulau.

“Ini bukan dua hal yang berbeda tapi dua hal yang harus saling support bagaimana kita melihat apa yang menjadi kekuatan kota Makassar ini dalam rangka menghadapi yang namanya perubahan cuaca kalau kita lihat perubahan cuaca akan sangat terdampak lebih besar kepada saudara-saudara kita yang ada di pulau,”

Apalagi, jalur distribusi kebutuhan pangan dan pandang yang ada di pulau harus terjaga lebih dahulu. Pemerintah harus menghadirkan kantong-kantong logistik yang berada di Pulau.

Baca Juga : Debat Perdana, Appi Sebut Esensi Debat Mencari Solusi Bukan Kompetisi

Tak hanya itu, Pemerintah Kota juga harus memberikan sebuah jawaban yang baik ketika terjadi perubahan iklim untuk masyarakat pulau di Makassar.

“Orang-orang yang ada di pulau tidak lagi harus bertarung nyawa jauh ke Makassar untuk mendapatkan apa yang mereka menjadi jaminan untuk kehidupan mereka dengan iklim yang tidak menentu,” pungkasnya.

Penulis: Nursinta 
KPU
KPU

Baca Juga : Kunjungi Pasar Butung, Pengelola Harap Mulia Bangkitkan Aktivitas Pasar Butung

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda