Logo Harian.news

Guru Besar Unhas Prof Yusran Yusuf Bakal Bertarung di Pilwalkot Makassar, Pengamat: Beliau Berpengalaman

Editor : Gita Selasa, 07 Mei 2024 14:05
Pengamat politik dari Unhas Makassar, Andi Lukman Irwan. (Foto: dok)
Pengamat politik dari Unhas Makassar, Andi Lukman Irwan. (Foto: dok)

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Menjelang Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar, sejumlah nama sudah bermunculan di media.

Bahkan, beberapa sosok yang diprediksi bakal maju dalam bursa perhelatan demokrasi itu sudah tampak memperlihatkan wajah mereka di sejumlah titik di wilayah Kota Makassar melalui baliho dan spanduk.

Kini, muncul lagi nama baru, yang sebenarnya sudah tidak asing bagi warga Kota Daeng.

Baca Juga : Berebut Rekomendasi Golkar, Betulkah Rudal akan Menyalip Appi di Pilwalkot Makassar?

Dia adalah Guru Besar Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Profesor Yusran Yusuf, yang juga pernah menjabat sebagai pejabat Wali Kota Makassar dan ketua tim ahli Wali Kota Makassar.

Menurut Pengamat Politik dari Unhas Makassar, Andi Lukman Irwan, semua memiliki hak politik, termasuk Prof Yusran Yusuf.

“Apalagi memang beliau punya pengalaman sebagai mantan pejabat Wali Kota, dan tentu sudah paham bagaimana geopolitik dan pertarungan elite di Kota Makassar,” ujarnya saat dihubungi, Selasa, 7 Mei 2024.

Baca Juga : Peluncuran Tahapan Pilkada Makassar, Kepala Kesbangpol Ingatkan KPU soal Integritas

Berbekal dengan segudang pengalaman birokrasi, Andi Lukman meyakini Prof Yusran Yusuf memiliki dasar pengetahuan dan pemahaman untuk bisa menempatkan posisinya pada pertarungan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar yang akan dihelat pada November 2024.

“Pernah menjadi pejabat Wali Kota Makassar, maka masyarakat sedikit banyak sudah mengenal beliau. Itu kans yang tentu memilki pengaruh elektoral,” katanya.

Kendati demikian, Andi Lukman menyarankan kepada Prof Yusran Yusuf bahwa apabila serius dan mempunyai keinginan untuk maju, maka harus segera melakukan pendekatan ke partai politik.

Baca Juga : Hadirkan Ridwan Sau dan Mongol Stress, Peluncuran Tahapan Pilwalkot Makassar Gelontorkan Dana hingga Rp 331 Juta

“Ini yang belum nampak, pendekatan ke parpol. Salah satu kunci penting beliau harus menjadi bagian dari parpol. Apalagi beliau memang sudah sangat dekat dengan sejumlah elite parpol di pusat,” tuturnya.

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda