Logo Harian.news

Rahman Bando Punya Konsep Gerbang Makassar, Rudianto Anak Rakyat, ARA Lebih Baik

Kontestasi Pilwalkot Makassar, Pengamat Nilai Konsep Pembangunan ARB Paling Jelas

Editor : Rasdianah Sabtu, 06 Juli 2024 20:30
Diskusi politik di Lapak Abangda. Foto: HN? MY Yahya
Diskusi politik di Lapak Abangda. Foto: HN? MY Yahya

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Bakal calon Wali Kota Makassar, Abdul Rahman Bando (ARB) dinilai sebagai figur yang paling punya konsep membangun yang jelas untuk Makassar. Hal ini dibandingkan dengan calon lain yang maju di Pilkada Makassar 2024.

Penilaian itu disampaikan Pengamat Politik Unibos, Arief Wicaksono dalam diskusi bertajuk Ngopi Sore Pilkada 2024 yang digelar Komunitas Jurnalis Politik (KJP) di Lapak Kopi Abangda, Makassar, Sabtu (6/7/2024).

“Di antara figur-figur ini, kalau kita mau objektif yang paling jelas konsep pembangunan adalah Pak Rahman Bando. Dengan taglinenya Gerbang Makassar yaitu Gerakan Bersama Membangun Makassar,” ujar Arief Wicaksono dalam diskusi bertajuk Membaca Rekam Jejak Calon Wali Kota Makassar.

Baca Juga : Indira Belum Munculkan Wakil di Pilwali Makassar, Danny: Tunggu Survei Terbaru

Menurut Arief Wicaksono, konsep Gerbang Makassar ala Rahman Bando bukan branding personal seperti kandidat lain yang menonjolkan sisi kepribadiannya.

Secara psikoanalisis, kata Arief, konsep yang cenderung personal akan dinilai lebih mementingkan aspek kedirian, ketimbang kolektivitas.

Arief menilai, konsep pembangunan Gerbang Makassar bisa jadi dicetuskan Rahman Bando karena latar belakang sebagai birokrat Pemkot Makassar. Apalagi ia juga pernah ikut Pilkada 2020.

Baca Juga : Ngopi Sore Bareng KJP Pilwali Makassar: Membandingkan Kekuatan dari Birokrasi ARB atau Irwan Adnan

“Yang saya lihat Pak Rahman Bando tidak begitu (kepentingan personal). Mungkin beliau berpikir, Saya sudah dikenal masyarakat, jadi dibuat konsep pembangunan yang ditawarkan kepada masyarakat,” jelas Arief Wicaksono.

“Tanpa mengabaikan calon yang lain, mungkin juga punya konsep pembangunan. Saya di sini cuma menilai tanpa ada tendensi ke calon lain,” kata Arief.

Meski begitu, Arief menyarankan Rahman Bando juga punya konsep memenangkan pertarungan jika nantinya dinyatakan sebagai calon wali Kota Makassar.

Baca Juga : Sambangi Jurnalis KJP di Lapak Kopi Abangda, ARB: Politik Mesti Riang Gembira

“Hal yang utama saat ini adalah bagaimana mendapatkan tiket partai untuk maju dalam pertarungan,” katanya.

Sementara, Direktur Kerja sama Antarlembaga Universitas Bosowa ini menganggap Rudianto Lallo juga menjadi salah satu calon potensial.

“Sebab dia berasal dari anak rakyat dan tanpa nama besar di belakangnya,” katanya.

Baca Juga : Figur Lama dan Baru di Pilwalkot Makassar, Pengamat: Semua Kekuatan Sama, Appi dan Indira Sekalipun

Selanjutnya, Ketua DPC Partai Demokrat Kota Makassar, Adi Rasyid Ali datang dengan konsep Lebih Baik.

ARA punya Privilege sebagai ketua Demokrat Makassar.

“Ia adalah pemegang rinci di Partai Demokrat,” katanya.

PENULIS: MUH YUSUF YAHYA

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda