Logo Harian.news

Makin Ketat, Seleksi Sekda Makassar Bakal Masuk Tahapan Wawancara

Editor : Rasdianah Jumat, 05 Juli 2024 09:27
Tahapan seleksi sekda Kota Makassar. Foto: dok
Tahapan seleksi sekda Kota Makassar. Foto: dok

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Lima Peserta Seleksi Terbuka pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) Sekretaris Daerah Kota Makassar, akan segera mengikuti proses tahapan wawancara di Hotel Karebosi Premier, Sabtu (6/7/2024).

Kelima peserta tersebut masing-masing Pj Sekda yang juga selaku Kepala Bapenda Firman Hamid Pagarra; Asisten III Irwan Bangsawan; Kepala Kesbangpol Andi Bukti Djufrie; Kepala Dinas Pariwisata Muhammad Roem, dan Kepala Dinas Pendidikan Muhyiddin.

Tahapan ini merupakan salah satu tahapan dari seluruh proses yang ada, yakni mulai dari pengumuman seleksi, penelusuran rekam jejak, penulisan makalah, asesmen (penilaian kompetensi dan potensi), pengumumam hasil makalah dan asesment, selanjutnya memasuki tahapan wawancara.

Baca Juga : Proses Lelang Sekda Makassar Menuju Tahap Akhir, 3 Nama Besar Keluar: Siapa yang Gugur?

Ketua Panitia Seleksi Lelang Sekda, Prof Aminuddin Ilmar menyampaikan, pelaksanaan wawancara akan lebih bersifat pendalaman dari makalah yang telah dituliskan saat assesmen.

“Masing-masing dari pansel, akan mendalami apa yang dituliskan dan dilakukan oleh yang bersangkutan sekiranya dipillih menjadi Sekda Kota Makassar,” tuturnya.

Sejauh ini, menurut Prof Ilmar berdasarkan hasil pengamatan dan juga laporan assesmen hampir kelima peserta memiliki kesempatan yang sama, sehingga hasil wawancara nantinya akan sangat menentukan.

Baca Juga : DPMPTSP: Investasi Makassar 2023 Capai Rp 5,89 Triliun, Lampaui Target Nasional

“Ada sisi penilaian yang tidak dapat ditawar, yang akan terlihat saat seleksi wawancara, yakni dari sisi psikologi, selain itu tentunya rekam jejak dan juga nilai makalah itu sendiri,” lanjutnya.

Dalam proses wawancara, setiap peserta akan diberikan durasi waktu antara 1 jam hingga 1 jam 30 menit, untuk masing-masing peserta, yang akan dinilai oleh Pansel, dan salah satunya adalah mantan Sekda Kota Makassar, Muh Ansar.

Dari hasil seluruh penilaian, peserta akan diberikan nilai, dengan peringkat 1, 2 dan 3. Hanya 3 nilai tertinggi yang akan diajukan kepada pejabat pembina kepegawaian dalam hal ini wali kota.

Baca Juga : DWP Diskominfo Makassar Salurkan Bantuan Pendidikan untuk Anak Tenaga Honorer

“Berharap wawancara selesai tepat waktu dan dapat diumumkan pada hari Senin, dan paling lambat selasa hasil 3 besar tersebut,” lanjutnya.

Sementara itu, Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto mengatakan, Sekda merupakan posisi strategis dalam Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, sehingga, orang yang duduk di kursi Sekda adalah sosok yang bisa merangkul semuanya.

“Saya belum terima laporan terbaru, tapi selalu telepon dan bahasa perkembangan,” ujar Danny, sapaan Ramdhan, kepada awak media di kediamannya japan Amirullah.

Baca Juga : Sengketa tak Berkesudahan, Danny Minta Pemilik Lahan SD Inpres Pajjaiang Segera Lakukan Setrifikasi

Ia berharap, dengan seleksi ini bisa menghasilkan figur yang tetap untuk posisi Sekda.

“Semoga semua berjalan lancar dan baik, kita bisa mendapatkan Sekda yang tepat, dan tentu ini berjalan fair, sesuai panitia seleksi, dan tahapannya sesuai dengan apa yang ada,” tandasnya.

Diketahui Pemkot Makassar membuka seleksi terbuka lelang JPTP untuk Sekda sejak Jumat (16/6/2024), yang peluangnya terbuka bagi semua aparatur sipil negara (ASN).

PENULIS: NURSINTA

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda