Logo Harian.news

Tips Aman bagi Pemudik, Lakukan ini sebelum Meninggalkan Rumah

Editor : Rasdianah Senin, 08 April 2024 20:41
Ilustrasi. Foto: istock
Ilustrasi. Foto: istock

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Semakin dekat dengan Idulfitri 1445 Hijriah, tentu semakin banyak warga meninggal rumah untuk mudik ke kampung halaman.

Bagi sobat Harian.News yang sudah bersiap untuk mudik ke kampung halaman, jangan lupa mengecek kembali segala keperluannya ya, termasuk memastikan listrik rumah aman sebelum berangkat.

Agar perjalanan lebih tenang dan nyaman saat meninggalkan rumah untuk mudik, yuk simak tips rumah aman dari Harian.News:

1. Pasang CCTV

Baca Juga : Sidak Pasca Libur Lebaran, Tingkat Kehadiran ASN Pangkep Capai 98 Persen

Setelah pasang CCTV, pastikan terhubung ke HP sehingga bisa memantau kondisi rumah kapan pun dan di mana pun menggunakan seluler.

2. Pasang Lampu Otomatis

Wajib dicoba, sobat perlu memasang lampu otomatis atau bisa memasang lampu kendali jarak jauh yang terhubung dengan seluler, sehingga bisa dengan muda dihidupkan dan dimatikan.

Rumah pun bebas gelap dan tidak terlihat kosong.

3. Cabut Peralatan Listrik & Gas

Baca Juga : Meski Suasana Lebaran, Ketum ProJo Sebut Pertemuan Jokowi dan Megawati Sulit Terjadi

Ini sangat berguna ya sobat Harian.New, bahkan terbilang wajib. Hindari risiko kebakaran dengan mencabut peralatan listrik yang tidak digunakan, termasuk tabung gas.

4. Amankan Semua Barang Berharga

Pastikan sebelum Anda mudik atau meninggalkan rumah dengan waktu yang lama, barang berharga disimpan di brangkas rumah atau bank.

Hal ini umtuk menghindari adanya barang hilang jika sewaktu-waktu ada maling yang masuk ke dalam rumah.

5. Kunci Semua Pintu dan Jendela

Baca Juga : Arus Balik, Pelindo Regional 4 Catat 5 Pelabuhan Terpadat di KTI: Makassar Tertinggi Pertama

Minimalisir risiko pencurian dengan memastikan rumah terkunci dengan rapat, pastikan tidak ada pintu atau jendala tidak terbuka saat kamu meninggalkan rumah.

6. Informasikan kepada Tetangga

Kamu bisa menyampaikan ke tetangga yang tidak pergi liburan atau mudik bahwa Anda akan meninggalkan rumah dalam beberapa hari untuk libur lebaran 2024.

Sehingga tentanggamu bisa menjadi CCTV hidup selama kamu tidak berada di rumah atau tetangga kalian bisa memantau rumah selama ditinggal liburan.

(NURSINTA)

Baca Juga : Gerakkan 2.775 Personel, PLN Nyatakan Sukses Kawal Listrik Perayaan Idulfitri

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda