Logo Harian.news

Wamenkumham: Pemerintah Harus Lakukan Langkah Nyata dalam Pelindungan dan Komersialisasi KI

Editor : Andi Awal Tjoheng Rabu, 03 Agustus 2022 00:13
Wamenkumham Eddy O.S Hiariej apresiasi keberhasilan program-program DJKI (Foto: Istimewa)
Wamenkumham Eddy O.S Hiariej apresiasi keberhasilan program-program DJKI (Foto: Istimewa)

HARIANEWS.COM – Wakil Menteri Hukum dan HAM ( Wamenkumham ), Eddy O.S. Hiariej, mengapresiasi keberhasilan program-program Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) yang telah dilaksanakan pada paruh pertama 2022.

Dia menuntut, DJKI terus membuat langkah-langkah nyata dalam membantu pelindungan dan komersialisasi Kekayaan Intelektual (KI) di tengah masyarakat.

“Ekosistem KI Nasional terbentuk tidak hanya berdasarkan pada keberhasilan kita dalam membangun jejaring dan berkolaborasi dengan lembaga/kementerian,” ujar Eddy dalam acara Rapat Kerja Teknis Penguatan Kinerja Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Tahun 2022, yang digelar di Hotel Shangri-La Jakarta, Selasa (2/8/2022).

Baca Juga : Bantah Suap dan Gratifikasi, Kuasa Hukum Helmut Ungkap Selama ini Diperas Miliaran Rupiah oleh Wamenkumham

“Kita juga perlu menyediakan instrumen peraturan mengenai pelindungan KI dan program-program yang lebih nyata menyentuh kebutuhan para kreator,” lanjutnya.

Oleh karena itu pada kesempatan tersebut, Wamenkumham memperkenalkan beberapa program unggulan DJKI Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) sekaligus.

Yang pertama, Eddy meluncurkan IP Marketplace yaitu sebuah platform yang mempertemukan para investor dengan para pemilik kekayaan intelektual.

Baca Juga : Breaking News: Wamenkumham jadi Tersangka, KPK Kenakan Double Pasal

Platform ini memberikan kemudahan kepada pemilik KI untuk mempromosikan karya intelektualnya kepada para calon investor baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri.

“Ini merupakan wadah untuk mendukung Skema Pembiayaan Berbasis KI yang diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah No. 24 Tahun 2022 Tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2019 Tentang Ekonomi Kreatif,” lanjut Eddy.

Kedua, Eddy juga mendukung sosialisasi KI yang lebih masif melalui program DJKI Mengajar. Eddy mengukuhkan para Guru KI (RuKI) yang berasal dari seluruh pegawai Kemenkumham di Indonesia.

Baca Juga : Aktif Bangun Kekayaan Intelektual, Kota Makassar Raih Penghargaan dari Kemenkumham RI

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943
Halaman

Follow Social Media Kami

KomentarAnda