Logo Harian.news

Workshop Literasi Media dan Moderasi Beragama KPI UIN Alauddin Hadirkan Pemateri dari Universitas Kebangsaan Malaysia

Editor : Andi Awal Tjoheng Senin, 20 Mei 2024 14:25
Workshop literasi beragama. Foto: dok
Workshop literasi beragama. Foto: dok

HARIAN.NEWS, GOWA – Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) menggelar workshop bertema “Penerapan Jurnalisme Islam dalam Mewujudkan Moderasi Beragama” yang diadakan di LT Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar pada Senin, 20 Mei 2024.

Acara ini menghadirkan pemateri dari Malaysia, Prof. Dr. Normah Mustaffa dari Universitas Kebangsaan Malaysia, yang membahas pentingnya literasi media dalam menangani berita palsu.

Prof. Dr. Normah menjelaskan bahwa berita palsu semakin mudah disebarkan melalui media sosial, sehingga literasi media menjadi sangat penting untuk melatih kemampuan dalam mengakses, menganalisis, menilai, dan berkomunikasi dalam berbagai bentuk media.

Baca Juga : Danny Pomanto Sharing Transformasi Kepemimpinan Era 5.0 dengan Ribuan Mahasiswa UINAM

“Literasi media adalah kunci untuk menghadapi tantangan berita palsu yang marak di era digital ini. Dengan literasi media, kita dapat lebih kritis dalam menerima informasi dan lebih bijak dalam menyebarkannya,” ungkap Prof. Dr. Normah.

Haidir Fitra Siagian, dosen Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar yang juga menjadi pemateri kedua, mengungkapkan kebanggaannya atas kehadiran Prof. Dr. Normah, yang pernah menjadi dosennya saat menempuh pendidikan S3 (Ph.D) di Universitas Kebangsaan Malaysia.

Haidir menambahkan bahwa workshop ini merupakan kesempatan berharga bagi mahasiswa untuk memahami pentingnya literasi media dalam konteks moderasi beragama.

Baca Juga : Prodi Ilmu Komunikasi Unismuh Gelar Kuliah Umum Tingkatkan Kesadaran Kritis Mahasiswa terhadap Media

Acara ini tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa jurusan KPI, tetapi juga mahasiswa jurusan Jurnalistik yang ikut meramaikan workshop tersebut.

Kehadiran mereka menambah semarak diskusi dan pertukaran ide seputar jurnalisme Islam dan literasi media.

“Workshop ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru kepada mahasiswa mengenai pentingnya literasi media dan moderasi beragama, serta bagaimana kedua hal tersebut dapat diaplikasikan dalam praktik jurnalisme Islam,” kata Haidir. ***

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943
Penulis : A. Arifatul Adilah

Follow Social Media Kami

KomentarAnda