Logo Harian.news

Dosen Unismuh Teliti Soal Penetrasi Bisnis Berbasis Religi: Studi Etnografi Produk Muslimah di Instagram

Editor : Gita Jumat, 10 Mei 2024 11:30
Foto: dok
Foto: dok

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Dosen Peneliti dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar melakukan riset berjudul “Penetrasi Bisnis Berbasis Religi : Studi Etnografi Produk Muslimah Instagram”.

Penelitian ini dilakukan oleh Syarthini Indrayani, SE.,M.Si dan Mira, SE.,M.,Ak.
Menurut Syarthini Indrayani selaku Ketua Tim Peneliti, riset yang dilakukannya menggunakan Media virtual yang merupakan transformasi atau bentuk baru dari realitas sosial yang sangat efektif dan relatif efesien.

“Ruangnya juga mendunia untuk membantu tersebarnya informasi seperti halnya untuk tujuan bisnis dan bisa diakses public,” ucapnya kepada harian.news, Jumat (10/05/2024).

Baca Juga : Asah Skill Komunikasi Bisnis, Prodi Ilkom UMI dan CMC UC Makassar Gelar Program Divent 2024

Perkembangan bisnis yang begitu kompetitif katanya saat ini mengharuskan perusahaan maupun invidu sebagai pelaku bisnis untuk dapat menggunakan startegi yang tepat dan tentunya disesuaikan dengan pasar yang dituju.

Salah satu strategi yang digunakan adalah dengan memanfaatkan media virtual dalam menjalankan bisnisnya. Berangkat dari kondisi tersebut bisnis fashion muslim merupakan peluang bisnis yang tidak ada matinya, terlebih lagi dengan trend fasion yang bervariasi dan kondisi lingkungan di Indonesia dengan penduduk mayoritas beragama muslim.

Penelitian ini sangat penting mengingat selama ini marketing kebanyakan difokuskan dalam profit oriented tanpa mempertimbangan kemaslahatan jangka panjang (dunia wal akhirat), maka penting bagi penjual untuk menggunakan sumber daya yang ada dengan memanfaatakan media sosial yang selain diarahkan untuk meraih keuntungan di dunia, juga keuntungan diakhirat kelak.

Baca Juga : PAD Naik Pesat, Danny Ajak Saudagar Bugis-Makassar tak Ragu Berinvestasi di Makassar

Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu difokuskan pada dua hal, yaitu untuk mencari hubungan antara islam dan ekonomi melalui teknik komunikasi media sosial menggunakan etnografi dan untuk mengecek kecenderungan model komunikasi islam kontemporer dalam memanfaatkan media sosial penetrasi pasar dengan model pengemasan produk-produk identik religi.

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda