Logo Harian.news

Marak Kejahatan Siber, Diskominfo Ajak Warga Makassar Tingkatkan Literasi Keamaan Digital

Editor : Gita Selasa, 07 Mei 2024 13:34
Plt Kadis Kominfo Makassar Ismawaty Nur. (Foto: HN/Sinta)
Plt Kadis Kominfo Makassar Ismawaty Nur. (Foto: HN/Sinta)

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Ismawaty Nur mengajak warga Makassar terus meningkatkan literasi keamanan digital.

Hal tersebut dilakukannya agar warga Makassar tidak gampang terjerat kejahatan siber yang belakangan marak terjadi.

Ismawaty Nur mengatakan, literasi keamanan digital penting karena membahas tentang bagaimana seseorang perlu pengetahuan dalam menjaga privasi dan keamanan dalam pengguna internet.

Baca Juga : Resmi Bersaing di Pasar Otomotif Makassar, Begini Spesifikasi All-New Citroen C3 Aircross SUV

“Literasi berarti memiliki pengetahuan mengenai konsep digital. Digital Ini merupakan alat kita untuk mencapai suatu tujuan berbasis teknologi dan informatika. Perluanya literasi keamanan digital untuk kesadaran akan risiko yang ada di dunia digital,” ucapnya, Selasa (7/5/2024)

Ia menekankan bahwa dalam dunia yang semakin terhubung secara digital, meningkatkan kesadaran akan risiko yang ada sangatlah penting.

Plt Kadis Kominfo Makassar tersebut, memberikan tips dan saran praktis kepada pendengar terkait langkah-langkah yang dapat diambil untuk melindungi diri mereka secara online.

Baca Juga : NasDem Siap Menangkan Rudal di Pilwalkot Makassar: Sudah Bentuk Tim Sukses

“Hindari mengklik tautan yang mencurigakan. Misalnya undangan online, kita harus mengenali siapa yg mengirimnya. Jangan mudah memberikan data pribadi seperti nama ibu, tanggal lahir dan lainnya. Harus ada rasa prinsip kehati-hatian dalam mengakses dan memposting sesuatu di medsos,” jelasnya.

Ia juga membahas peran Diskominfo dalam keamanan digital. Di antaranya, pemantauan dan penanggulangan ancaman keamanan digital, serta penyuluhan dan edukasi kepada masyarakat tentang praktik yang aman dalam menggunakan teknologi informasi.

(NURSINTA)

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda