Logo Harian.news

Ratusan Aktivis Lintas Ormas Islam Deklarasikan MAKRAM di Makassar

Editor : REDAKSI II Minggu, 22 Oktober 2023 06:03
Ratusan Aktivis Lintas Ormas Islam Deklarasikan MAKRAM di Makassar

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Ratusan aktivis dari berbagai organisasi Islam dari sejumlah provinsi dan beberapa kabupaten di Sulsel hadir mendeklarasikan Majelis Kebangsaan Rahmatan Lil Alamin (MAKRAM), di Hotel Grand Imawan, Jalan Pengayoman, Kota Makassar, Sabtu sore, 21 Oktober 2023.

Pembacaan naskah deklarasi dipimpin oleh DR. KH. Hasan Basri Rahman selaku Amirul Majelis Rahmatan Lil Alamin dan diikuti ratusan peserta yang terdiri dari laki-laki dan perempuan itu.

“Deklarasi. Bismillahirrahmanirrahim. Atas rahmat Allah Subhanahu wa Ta’ala, dan dengan memohon ridhoNya, pada hari ini, Sabtu, tanggal 21, bulan Oktober, tahun 2023 Masehi, bertepatan dengan tanggal 7, bulan Rabiul Akhir, tahun 1445 Hijriyah, kami secara resmi mendeklarasikan Majelis Kebangsaan Rahmatan Lil ‘Alamin yang disingkat MAKRAM. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala memberkahi kita semua. Aamiin Yaa Rabbal ‘Alamin,” kata Kyai Hasan Basri.

Ketua Presidium Majelis Kebangsaan Rahmatan Lil Alamin, Profesor Muhammad Asdar, mengatakan lembaga ini ibarat bayi yang baru lahir, dan di momentum deklarasi nasional inilah acara aqiqahnya.

“Kita semua yang hadir di sini adalah deklaratornya, dan kita berbangga karena MAKRAM kita lahirkan sendiri dan akan kita gerakkan bersama,” ujar Guru Besar Universitas Hasanuddin Makassar itu.

Dalam kesempatan itu, Prof. Asdar, menyemangati para tokoh dengan mengajak para peserta bersama-bersama meneriakkan; MAKRAM, membangun integritas, membela kebenaran dan menegakkan keadilan.

Hadir sejumlah tokoh dalam acara deklarasi nasional tersebut, di antaranya Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Makassar, KH. M. Said Abd Shamad, Lc; anggota DPRD Sulsel, Usman Lonta; Ketua Yayasan Buq’atun Mubarakah Pesantren Darul Aman Gombara, Ustadz Iqbal Djalil, Lc; Ketua Forum Ummat Islam Bersatu, Ustadz Muchtar Daeng Lau, dan sejumlah tokoh ormas Islam lainnya.

Ketua Panitia Pelaksana Deklarasi Nasional MAKRAM, AM. Iqbal Parewangi, menyebutkan bahwa momentum itu sangat berkesan, karena hampir semua perwakilan ormas Islam hadir.

Anggota DPD RI periode 2014-2019 tersebut menyampaikan, terbentuknya MAKRAM tidak lepas dari mandat dan amanah dari para tokoh melalui pertemuan yang digagas DR. KH. Basri Rahman di Rumah Ulu Juku, Jalan Prof. Abdurrahman Basalamah, Kota Makassar, Oktober lalu.

Selain deklarasi nasional, Dewan Pengurus Pusat MAKRAM, juga menggelar dialog tokoh pada Sabtu malam tadi, dengan menghadirkan Guru Besar Universitas Syarif Hidayatullah, Profesor Andi Faisal Bakti sebagai pembicara lewat online. Pembicara di lokasi acara, yakni DR. KH. Hasan Basri Rahman dan Profesor Muhammad Asdar. Politisi Andi Jamaro Dulung juga turut memberikan pandangan dalam dialog yang dipandu oleh Guru Besar Universitas Negeri Makassar, Profesor Wasir Thalib, tersebut.

Kegiatan akan berlanjut Ahad hari ini dengan agenda brainstorming dan pembentukan jajaran pengurus di tingkat provinsi dan kabupaten kota.

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

Tag : Makram
KomentarAnda