Logo Harian.news

Dorong Partisipasi Perempuan, Bawaslu: Pilkada Harus Ramah Perempuan

Editor : Rasdianah Selasa, 23 Juli 2024 20:26
Foto/dok Bawaslu Bulukumba
Foto/dok Bawaslu Bulukumba

HARIAN.NEWS, BULUKUMBA – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bulukumba terus berkomitmen dorong partisipasi perempuan dalam rangka mengakomodir aspirasi perempuan dan memastikan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 yang lebih inklusif dan adil.

Ketua Bawaslu Bulukumba, Bakri Abubakar mengatakan, pentingnya peran perempuan dalam proses demokrasi.

Tanggung jawab menyukseskan Pilkada tidak hanya menjadi tugas KPU dan Bawaslu, akan tetapi menjadi tanggung jawab bersama. Keterlibatan perempuan dalam proses pemilihan sangat krusial.

Baca Juga : Masa Tenang, Bawaslu Bulukumba: Tak Boleh Kampanye dalam Bentuk Apapun

“Salah satu komitmen Bawaslu adalan mewujudkan pemilihan yang ramah perempuan, sehingga edukasi kepada masyarakat terkait prinsip adil gender penting dilakukan. Ini terbukti, dari seringnya Bawaslu melakukan pengawasan partisipatif bersama stakeholder, khususnya kelompok perempuan,” ujarnya, Selasa (23/7/2024).

“Dilakukan dengan tujuan untuk mengawasi dan memberi jaminan hak memilih dan hak dipilih sesuai kontitusi, langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil, bermartabat serta inklusif,” tambahnya.

Sementara itu, Anggota Bawaslu Bulukumba, Awaluddin juga menyampaikan komitmen Bawaslu dalam mewujudkan pemilihan yang inklusif dan representatif.

“Kami ingin memastikan bahwa suara perempuan didengar dan diakomodasi dengan baik dalam setiap tahapan pemilihan,” ucapnya.

Perempuan kata dia, harus dimasukkan di berbagai elemen, hal tersebut sangat penting untuk mewujdukan pemilihan yang berkualitas.

Penulis: Nursinta

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda