Logo Harian.news

Pengelola BMN RI Kagum 19 Tahun Mobil Perpustakaan Keliling Makassar Masih Terawat Baik

Editor : Rasdianah Kamis, 11 Juli 2024 13:56
Jajaran Dispus Kota Makassar saat menerima Kunjungan BMN Perpustakaan RI. Foto: dok Humas
Jajaran Dispus Kota Makassar saat menerima Kunjungan BMN Perpustakaan RI. Foto: dok Humas

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Pengelola Barang Milik Negara (BMN) Perpustakaan Nasional, kagum dengan perpustakaan mobil keliling Kota Makassar yang ada sejak 2005 yang masih terrawat dengan baik.

Hal tersebut dikatakan Pengelola Barang Milik Negara (BMN) Perpustakaan Nasional RI, Irkham Arifianto, bersama Muhammad Alyka Kadri, saat melakukan kunjungan di Dinas Perpustakaan Kota Makassar.

Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca, Thato Amran Kudus.

Baca Juga : LKPP-RI Lakukan Pendampingan Sistem Probity Advice di Pemkot Makassar, Tingkatkan Transparansi Pengadaan

Tim BMN Perpustakaan Nasional RI mengunjungi Dinas Perpustakaan Kota Makassar terkait untuk koordinasi hibah Mobil Perpustakaan Keliling (MPK) khususnya mobil Perpustakaan Keliling yang diperoleh Dinas Perpustakaan Makassar pada tahun 2005.

Irkham Arifianto mengatakan, Perpustakaan Nasional akan menghapus data asetnya yang masih muncul di sistem untuk selanjutnya data aset beralih ke Dinas Perpustakaan Makassar.

Tim Perpusnas saat meninjau keberadaan MPK, pihaknya kagum karena MPK tahun 2005 masih terrawat dan beroperasi dengan baik dibandingkan dengan daerah lain.

Baca Juga : Wali Kota Danny Pomanto Jamu Makan Malam Pejabat Utama BSI, Ajak Hadir di Festival F8 Makassar

“Wah, masih bagus dan terawat ya mobil Perpustakaan Keliling padahal sudah 19 tahun. Daerah lain malah sudah tidak berfungsi lagi bahkan ada yang dijadikan tempat sampah. MPK yang barupun ada yang tidak beroperasi karena kesulitan biaya perawatan dan operasionalnya. Ada rencana ke depan seluruh penerima MPK akan dievaluasi,” ungkapnya dalam keterangan yang diterima Harian.News, Kamis (11/7/2024).

Sementara itu, Pustakawan Dinas Perpustakaan Makassar, Tulus Wulan Juni membenarkan bahwa seluruh MPK terawat dengan baik.

“Alhamdulillah, 3 unit MPK ada biaya operasionalnya setiap tahun dan semuanya melayani permintaan termasuk layanan Dongkel Perpusling sebagai inovasi di MPK Kota Makassar,” tandas Tulus.

Baca Juga : Wali Kota Makassar dan Kejari Baru Jalin Kerja Sama Pengawasan Proyek Strategis

PENULIS: NURSINTA

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda