Logo Harian.news

Profil Eks Ditjen Aptika Kominfo yang Mundur Buntut Kasus PDN: Ahli IT Kelahiran Makassar

Editor : Rasdianah Kamis, 04 Juli 2024 18:21
Eks Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel Abrijani Pangarepan. Foto: ist\
Eks Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel Abrijani Pangarepan. Foto: ist\

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Dirjen Aplikasi Informatika (Aptika) Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan baru saja menyatakan mundur dari jabatannya. Hal ini buntut serangan server PDN oleh kelompok Brain Cipper Ransomware yang melumpuhkan sejumlah layanan publik.

Semuel atau yang karib disapa Sammy lahir di Makassar pada 27 Desember 1964. Dia pemegang gelar Bachelor of Science Business Administration (major), Information Management (minor) dari Fresno State University of California, Amerika Serikat.

Dikutip dari laman Kominfo, dituliskan Semmy memiliki pengalaman di bidang telekomunikasi selama lebih dari 20 tahun. Usai lulus kuliah, Semmy melalang buana di berbagai perusahaan telekomunikasi dan kini menjabat sebagai CEO PT. Jasnita Telekomindo sejak 1996 silam.

Dia melanjutkan studi S2 di Jurusan Manajemen – Konsentrasi Manajemen Strategis, Universitas Pancasila, Jakarta.
Sebelum jadi Dirjen Aptika, Semuel menjabat sebagai Presiden Direktur PT. Jasnita Telekomindo. Dia juga pernah menjabat Ketum Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) dan merupakan relawan Jokowi yang tergabung dalam organ Seknas Jokowi.

Baca Juga : Kita Sehat Indonesia Sehat

Semmy menjadi founder Siber Kreasi, sebuah gerakan yang mengkampanyekan literasi digital.

Selain itu, Semmy juga pernah menjabat sebagai Ketua Delegasi ASEAN Telecommunications and IT Ministers Meeting (TELMIN) di tahun 2018–2019. Pada tahun yang sama, Semmy menjabat Ketua ASEAN Telecommunications and Information Technology Senior Officials Meeting (TELSOM).

Bahkan, Semmy ditunjuk sebagai Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada tahun 2012-2015. Melalui pengalamannya tersebut, Kominfo menunjuk Semmy untuk menduduki jabatan Direktur Jenderal Aplikasi Informatika.

Baca Juga : Buntut PDN Diserang, Dirjen Aptika Kominfo Semuel Mundur: Itu Tanggug Jawab Saya!

Ketika menjabat sebagai Ditjen Aptika, Semmy sangat getol mengenai urgensi keamanan siber dalam negeri. Perhatian Semmy tersebut tampak dari berbagai program yang ia rintis seperti penanganan situs negatif hingga Sertifikasi Elektronik (PSrE); dan Sistem Verifikasi Identitas Online Nasional (siVION).

Saat pemerintah pada 24 Juni 2024 mengakui adanya serangan ransomware yang meminta tebusan Rp 131 miliar dalam bentuk kripto, Semuel juga hadir dalam jumpa pers.

Serangan ransomware diketahui setelah Imigrasi mengalami gangguan layanan di bandara-bandara internasional sekitar pukul 04.00 WIB pada 20 Juni 2024.

Baca Juga : Kominfo Habiskan Rp 700 M untuk Pemeliharaan PDN sebelum Diserang Ransomware

Imigrasi merupakan salah satu dari ratusan tenant PDN. Imigrasi kini kembali beroperasi normal setelah menghidupkan kembali data cadangannya, sementara PDN sebagai pusat data sentral nasional tak mem-back up data para tenant. Sekarang Imigrasi menyimpan datanya di Amazon Web Services (AWS).

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda