Logo Harian.news

Rangking 9 dari 34 Wilayah, Realisasi Pajak Sulselbartra Capai Rp 18,9 Triliun

Editor : Rasdianah Sabtu, 03 Februari 2024 20:45
infografis. Foto dok Sumber DJP Sulawesi Selatan, Barat dan Tenggara
infografis. Foto dok Sumber DJP Sulawesi Selatan, Barat dan Tenggara

HARIAN. NEWS, MAKASSAR — Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Perbendahaan (DJP) Sulawesi Selatan, Barat dan Tenggara menorehkan sejarah baru yakni berhasil mencatatkan realisasi capaian penerimaan pajak sebesar Rp 18,9 triliun atau 104,23 % di tahun 2023.

Angka terbersebut mengantarkan DJP Sulawesi Selatan, Barat dan Tenggara berada pada rangking 9 dari 34 Kantor Wilayah Seluruh Indonesia.

Capaian ini menjadi sejarah kedua yang berhasil ditorehkan Kanwil DJP Sulawesi Selatan, Barat, dan Tenggara, di mana
sebelumnya pada tahun 2022 telah berhasil menorehkan prestasi capaian realisasi penerimaan pajak 124,67% yang merupakan capaian 100% untuk pertama kali sejak tahun 2014.

Baca Juga : Beri Sanksi!, BAPENDA Makassar Tindaki Sejumlah Penunggak Wajib Pajak PBB

Kepala Kantor Wilayah DJP Sulawesi Selatan, Barat, dan Tenggara Heri Kuswanto mengatakan capaian kinerja tersebut hasil dari kerja keras seluruh elemen pegawai di lingkungan Kanwil DJP Sulawesi Selatan, Barat, dan Tenggara.

“Dalam bekerja disertai dengan semangat menjunjung tinggi nilai-nilai integritas, profesionalisme, sinergi, melayani, dan kesempurnaan yang menjadi modal keberhasilan tersebut,” ucapnya, Sabtu (3/1/2024).

Ia berharap kepada para Wajib Pajak untuk bersama-sama melakukan sinergi membangun negeri.

“Hal ini juga memberikan dorongan positif untuk bersama-sama bertanggung jawab merealisasikan penerimaan pajak 100% antara fiskus dan wajib pajak dalam bentuk pola sinergi yang sesuai dengan kaidah integritas, yaitu penerapan perilaku wajib pajak sesuai dengan treatment,” kata Heri.

Heri membeberkan penerapan perilaku wajib pajak sesuai dengan treatment ternyata mampu mendorong kepatuhan penyampaian SPT tahunan dan mampu mendorong hasil yang positif pada aktivitas perluasan basis pemajakan.

“Serta penguatan intensifikasi serta pengawasan yang terencana dan terarah yang berbasis kewilayahan dan sektoral juga mampu menjadi daya dorong tercapainya optimalisasi penerimaan pajak,” tutup Heri.

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943
Penulis : RASAK

Follow Social Media Kami

KomentarAnda