Logo Harian.news

Seruan Aksi Mahasiswa Surabaya “Satukan Suara, Selamatkan Demokrasi”

Editor : REDAKSI I Rabu, 07 Februari 2024 10:46
Seruan Aksi Mahasiswa Surabaya “Satukan Suara, Selamatkan Demokrasi”

HARIAN.NEWS, SURABAYA – Dalam upaya untuk membangkitkan semangat demokrasi yang tengah terancam oleh dinamika politik nasional yang tidak stabil, Mahasiswa Surabaya melalui Forum Komunikasi Mahasiswa Surabaya (FKMS) mengajukan seruan aksi dengan tema “Selamatkan Demokrasi”, Rabu, (07/02/2024).

Menyikapi situasi politik yang semakin tegang menjelang Pemilu 2024, koordinator FKMS, Ali Wafa, menyampaikan keprihatinan atas masifnya dugaan pelanggaran terhadap prinsip-prinsip demokrasi.

“Kami memahami bahwa keberagaman suara dalam demokrasi adalah hal yang wajar, namun, intimidasi dan manipulasi terhadap proses demokratis harus dihentikan,” ungkapnya melalui siaran pers yang diterima harian.news.

Seruan ini bertujuan untuk memperjuangkan pemeliharaan nilai-nilai demokrasi yang telah diperjuangkan sebelumnya, seperti transparansi, keadilan, dan partisipasi aktif masyarakat.

“Kami bertekad untuk menyuarakan kebenaran dan mengawal jalannya proses demokrasi dengan seksama,” tambahnya.

Dalam seruan aksi ini, Mahasiswa Surabaya menegaskan beberapa poin penting :

* Komitmen pada Nilai-Nilai Reformasi: Mengawal dan memperkuat nilai-nilai reformasi, termasuk transparansi, akuntabilitas, dan partisipasi publik yang aktif.

* Pemilu yang Luber Jurdil: Memastikan bahwa Pemilu 2024 berlangsung secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil (LUBER JURDIL), serta bebas dari manipulasi, intimidasi, atau pelanggaran lainnya.

* Mengawal Proses Pemilu: Mengawal dan mengawasi proses pemilu dengan seksama, serta melaporkan setiap bentuk pelanggaran atau ketidakberesan kepada pihak yang berwenang, demi menjaga integritas dan legitimasi hasil pemilu.

* Menjaga Kedaulatan Rakyat: Bersumpah untuk bersatu dan mempertahankan kedaulatan rakyat serta keutuhan bangsa Indonesia dari segala bentuk ancaman yang dapat mengganggu stabilitas demokrasi.

* Melawan Penyalahgunaan Kekuasaan: Berjuang untuk menyelamatkan demokrasi dari penyalahgunaan kekuasaan, korupsi, dan oligarki politik, serta memastikan bahwa pemerintahan yang terpilih mewakili kepentingan rakyat secara adil dan berkeadilan.
Dengan seruan ini, Mahasiswa Surabaya mengajak seluruh lapisan masyarakat, terutama generasi muda, untuk bersatu dalam upaya menjaga dan memperkuat demokrasi Indonesia.

“Satukan suara kita, mari bersama-sama membangun masa depan yang lebih baik untuk bangsa dan negara,” tegas Ali Wafa, mewakili Mahasiswa Surabaya.

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda