Logo Harian.news

Server PDN Diserang, Menkominfo: Pelaku Minta Tebusan 8 Juta Dollar

Editor : Rasdianah Senin, 24 Juni 2024 16:44
Menkominfo Budi Arie Setiadi. Foto: dok Kominfo
Menkominfo Budi Arie Setiadi. Foto: dok Kominfo

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi membenarkana adanya serangan ransomware pada server Pusat Data Nasional (PDN). Bahkan, kata dia, pelaku meminta tebusan senilai 8 juta Dollar.

“Iya, menurut tim (minta tebusan) 8 juta dollar,” kata Budi Arie kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, dikutip dari liputan6, Senin (24/6/2024).

Dia belum menjelaskan secara rinci soal dari mana dan motif serangan yang membuat server PDN menjadi lumpuh. Budi menyebut serangan terhadap sistem PDN disebabkan virus Lockbit 3.0.2.
“Ini serangan virus lockbit 3.0.2,” ucapnya.

Baca Juga : Tangani Konten Negatif, Kominfo Luncurkan Desk Pengawasan Pemilu 2024

Sebelumnya, Polri menggandeng Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk mencari tahu penyebab lumpuhnya server PDN pada Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kominfo), Kamis 20 Juni 2024.

“Sedang kita dalamin. Bekerjasama dengan BSSN apakah kendala teknis atau ada hal lain,” ujar Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat dikonfirmasi, Senin (24/6/2024).

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pun menyampaikan permohonan maaf atas gangguan di PDNS-2 itu.

Baca Juga : Peluncuran Platform info.go.id, Integrasi Layanan Informasi Publik Nasional

Dalam keterangan resmi Kominfo, Sabtu (22/6/2024), Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, selama beberapa waktu terakhir, langkah pemulihan server PDN dari gangguan telah dilakukan.

Kominfo pun mengungkap perkembangan dari pemulihan server PDN. Salah satunya disebutkan kalau layanan keimigrasian seperti paspor, visa, izin tinggal dan perlintasan sudah mulai kembali beroperasi.

“Sebagian layanan imigrasi melalui autogate di Bandara Soekarno Hatta telah kembali beroperasi secara bertahap. Sedangkan layanan autogate di bandara lain masih terus diupayakan pemulihan,” kata Semuel melalui keterangan.

Baca Juga : Higgs Domino Island Terancam Punah, Kominfo Blokir Konten Judi Online

Lebih lanjut, agar proses keimigrasian bisa berjalan, layanan kombinasi dengan verifikasi manual masih dilakukan oleh Ditjen Imigrasi, Kementerian Hukum dan HAM.
Lebih lanjut, pria yang karib disapa Semmy mengungkap kalau Kominfo berupaya melakukan upaya-upaya pemulihan secepatnya sembari memperhatikan aspek kehatian-hatian dan mengutamakan kepentingan publik dan pengguna layanan.

“Upaya-upaya tersebut dilakukan secara intensif bersama dengan PT Telkom sebagai penyelenggara Pusat Data, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Kepolisian RI (Polri), dan Kementerian atau Lembaga terkait,” kata Semuel.

Sementara, dalam hal layanan keimigrasian, Kominfo bekerja sama dengan Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM.

Baca Juga : Gantikan Johnny G Plate, Ketua Projo Budi Arie Setiadi Dilantik Jadi Menkominfo

Tak lupa Semmy memastikan tiap perkembangan pemulihan PDNS 2 akan diinformasikan secara berkala.

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda