Logo Harian.news

Soal Anggaran Starlink Pemkot Makassar Rp 12 Miliar, Pengamat: Hati-hati Uang Pemerintah

Editor : Gita Rabu, 26 Juni 2024 23:21
Jaringan Starlink. (Foto: Google)
Jaringan Starlink. (Foto: Google)

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto belum lama ini membeberkan akan menganggarkan Rp 12 miliar untuk pergantian layanan internet pemukiman ke starlink.

Merespon hal tersebut, Pengamat Pemerintahan dan Tata Kelola Keuangan Bastian Lubis mengatakan, agar Danny Pomanto hati-hati menggunakan uang pemerintah.

Kata Bastian, anggaran tersebut sebaiknya dialokasikan untuk hal-hal yang lebih mendesak seperti penanganan pengemis dan gelandangan, kebersihan dreanase, dan penertiban pasar-pasar.

Baca Juga : Helmy Pastikan Proyek Metro Kapsul Tidak Terkendala Pergantian Pemimpin

“Itu lebih bermanfaat daripada mengejar sesuatu yang dampaknya belum jelas. Belajar dari pengalaman, jangan coba-coba (hati-hati) uang pemerintah ,” ujar Bastian, Rabu (26/6/2024).

Katanya, anggaran senilai Rp12 miliar tersebut harus dipertimbangkan dengan cermat terkait efektifitas dan efisiensinya.

“Teknologi memang banyak, namun kita harus menghitung seberapa efektif dan efisien Starlink dibandingkan dengan yang ada sekarang. Jika anggaran sebesar Rp12 miliar bisa menekan biaya secara signifikan, tidak masalah. Tapi, jika hanya untuk meningkatkan kecepatan internet, itu percuma,” jelasnya.

Baca Juga : Gelar MIF, Danny Pomanto Ajak Investor Asing Tanam Modal di Makassar

Kata Bastian, dibandingkan mengeluarkan Rp12 miliar untuk Starlink, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar sebaiknya memaksimalkan penyelesaian masalah kota yang belum tertangani dengan baik.

“Lebih baik memaksimalkan yang sudah ada daripada melompat ke teknologi yang belum teruji. Starlink saat ini standarnya belum ada referensinya,” katanya.

Pemkot Makassar harusnya belajar dari pengalaman, pada masa pandemi ada kebijakan penggunaan Genos yang saat ini tidak lagi difungsikan.

Baca Juga : Baru Diteken, Proyek Metro Kapsul Kota Makassar Target Grounbreking 2027

“Kita harus melihat dulu efektivitasnya di tempat lain sebelum menggelontorkan dana besar. Jangan gunakan uang pemerintah untuk uji coba tanpa kajian akademis yang komprehensif,” tandas Bastian.

Penulis: Nursinta

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda