Logo Harian.news

Temuan Ribuan Kertas Suara di Kuala Lumpur Telah Dicoblos, Begini Penjelasan KPU

Editor : Rasdianah Sabtu, 10 Februari 2024 10:39
Komisioner KPU RI Idham Holik. Foto: ist
Komisioner KPU RI Idham Holik. Foto: ist

HARIAN.NEWS, JAKARTA – Komisioner Pemilihan Umum (KPU) membenarkan adanya informasi ribuan suaran di Kuala Lumpur, Malaysia yang telah dicoblos secara ilegal.

Komisioner KPU RI, Idham Holik mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan informasi awal terkait kasus dugaan surat suara dicoblos secara ilegal oleh orang tak dikenal di Kuala Lumpur, Malaysia. Informasi didapatkan dari Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kuala Lumpur.

“Informasinya ada 1.972 surat suara yang dicoblos oleh orang yang tidak berwenang,” kata Idham kepada wartawan di Jakarta, dikutip dari republika, Sabtu (10/2/2024).

Baca Juga : Mulai Rekapitulasi Tingkat Kota, KPU Sebut 10 Kecamatan Belum Setor Kotak Suara

Ketika ditanya apakah surat suara yang dicoblos secara ilegal itu tidak akan dihitung, Idham belum bisa memberikan jawaban. Dia mengatakan, tindak lanjut atas seribuan surat suara itu akan diambil setelah proses investigasi rampung.

“Kami masih menunggu informasi lebih lanjut hasil pendalaman atau penelaahan Panwaslu LN Kuala Lumpur,” kata koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU RI itu.

Komisioner Bawaslu RI, Lolly Suhenty menyebut, kasus dugaan pencoblosan surat suara secara ilegal itu berpotensi masuk kategori tindak pidana pemilu. Karena itu, pihaknya berkoordinasi dengan Atase Polri Kedutaan Besar RI (KBRI) Kuala Lumpur untuk mengusut tindakan tersebut.

Baca Juga : Cak Imin: Koalisi Partai Pendukung AMIN Siap Ajukan Hak Angket Pemilu 2024

Bawaslu menduga, surat suara yang dicoblos itu adalah surat suara pencoblosan metode pos. Sebagai gambaran, metode pos berarti PPLN mengirimkan surat suara menggunakan jasa pos ke alamat WNI yang berstatus sebagai pemilih, lalu si pemilih mengirimkan balik setelah mencoblos. Metode pos dilaksanakan 5-11 Februari 2024.

Sebelumnya, beredar video yang menunjukkan sejumlah orang sedang mencoblos sejumlah surat suara pileg dan pilpres Pemilu 2024 di Malaysia. Untuk surat suara Pilpres 2024, para pelaku mencoblos pasangan capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

 

Baca Juga : Peduli NKRI, BEM Hukum Unibos Gelar Aksi Damai: Minta KPU dan Bawaslu Bekerja Profesional

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda