Logo Harian.news

Jurnalis Makassar Desak Revisi UU Penyiaran, Syaharuddin Alrif: Saya Janji akan Tinjau Ulang Hasil Seleksi KPID Sulsel

Editor : Gita Rabu, 22 Mei 2024 15:51
Anggota Legislatif DPRD Sulsel Syaharuddin Alrif (kemeja putih dan peci hitam) saat menemui ratusan jurnalis Makassar. (Foto: Shinta/HN)
Anggota Legislatif DPRD Sulsel Syaharuddin Alrif (kemeja putih dan peci hitam) saat menemui ratusan jurnalis Makassar. (Foto: Shinta/HN)

HARIAN.NEWS, MAKASSAR – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Selatan (Sulsel), Syaharuddin Alrif berjanji janji akan tinjau ulang hasil seleksi perekrutan komisioner di Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulsel periode 2024-2027, sesuai tuntutan Koalisi Jurnalis Makassar.

“Hasil seleksi (komisioner) akan saya tinjau ulang, dan saya janji akan mengawal aspirasi para jurnalis yang datang karena itu tugas saya,” ujar Syahar nama karibnya kepada massa di depan kantor DPRD Sulsel, Rabu (22/5/2024).

Kata Syahar, Komisioner KPID tersebut belum diputuskan oleh Anggota DPRD Provinsi Sulsel secara resmi, nama tersebut baru berupa surat rekomendasi dari hasil seleksi pada Komisi A.

“Itu keputusan komisi A, tapi belum menjadi keputusan Provinsi Sulsel, karena di knternal sendiri, kami di DPRD masih menunggu badan kehormatan,” ujarnya.

Sebelum pengambilan keputusan nanti, Syahar pastikan akan melihat secara objektif dan detail terkait kemampuan putra putri terbaik Sulsel untuk menjadi pemimpin KPID.

Jika diperlukan, pihaknya akan melakukan Fit and Proper Tes atau uji kelayakan dan kepatutan ulang kepada komisioner tersebut.

“Nanti pimpinan DPRD dan saya akan melakukan rapat, disitu kalau memang dianggap perlu dilakukan uji ulang maka kita akan melakukan uji ulang dan menganggap apa yang dilakukannya itu diputusin ulang,” tegasnya.

Tak hanya itu, Syahar berjanji akan memberikan ruang kepada para jurnalis kota Makassar yang tergabung dalam Koalisi Jurnalis Peduli Penyiaran [KJPP] diantaranya Aliansi Jurnalis Independen [AJI] Makassar, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia [IJTI] Sulsel, Pewarta Foto Indonesia [PFI] Makassar, Perhimpunan Jurnalis Indonesia (PJI) Sulsel, dan komunitas Ruang Jurnalis Perempuan (RJP), bertemu untuk membahas Komisioner KPID Sulsel.

“Saya minta dengan Komisi A, saya akan buat jadwal minggu depan ketemu Jurnalis dan Komisi A, jadi bisa disampaikan, jadi apa yang dicurigai bisa terbuka, saya sendiri yang akan kawal sampai ketemu Komisi A, pokoknya tidak lewat dari minggu depan,” tandasnya.

(NURSINTA)

Baca berita lainnya Harian.news di Google News

Redaksi Harian.news menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi@harian.news atau Whatsapp 081243114943

Follow Social Media Kami

KomentarAnda